Iklan RBTV Dalam Berita

Pertamax Green 92 Bakal Jadi Pengganti Pertalite, Cek Harga dan Keunggulannya

Pertamax Green 92 Bakal Jadi Pengganti Pertalite, Cek Harga dan Keunggulannya

Pertamax Green 92 Bakal Jadi Pengganti Pertalite--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pertamax Green 92 bakal jadi pengganti Pertalite, cek harga dan keunggulannya.

Usulan Pertalite agar dihapuskan di tahun 2024 ini sudah pernah dilakukan sejak tahu lalu, kini kabar tersebut kembali diperbincangkan.

BACA JUGA:Berbagai Fenomena Astronomi di Bulan Oktober 2024, Gerhana Matahari 2 Cincin Hingga Hujan Meteor

Dalam rencana pemerintah yang akan mengganti Pertalite (RON 90) dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan. Pertamax Green 92 dianggap menjadi bahan terkuat untuk menggantikannya.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, ia mengatakan BBM subsidi akan dinaikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan) oktan number yang boleh dijual minimum 91.

Rencana pergantian ini dilakukan karena BBM subsidi tersebut dinilai lebih ramah lingkungan, selain mengurangi pemakaian minyak fosil sebagai bahan baku, namun menekan emisi gas buang dengan kandungan oktan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:BTN Open Rekrutmen! Ini Syarat dan Cara Daftarnya, Dibuka Hingga 6 Oktober 2024

Lantas, apa itu Pertamax Green 92 yang akan gantikan Pertalite?

Pertamax Green 92 merupakan formulasi BBM terbaru dari Pertamina yang memiliki komposisi dari Pertalite RON 90 ditambah Ethanol 7 persen (E7). Hasilnya adalah BBM baru dengan kandungan nilai oktan RON 92.

Pertamina telah melakukan hal serupa pada produk Pertamax RON 92 dengan hadirnya Pertamax Green 95. BBM tersebut merupakan hasil pencampuran antara Pertamax RON 92 dengan Ethanol 5 persen (E5). Produk keluarannya adalah Pertamax Green 95 yang memiliki RON 95.

Pertamax Green 92 masih dalam proses pengkajian Pertamina. Sebaliknya, Pertamax Green 95 siap dipasarkan harga jual Rp13.500 per liter dimulai dari 10 titik SPBU di Kota Surabaya dan 5 titik SPBU di Jakarta.

BACA JUGA:Kepincut Motor Bebek Legendaris, Segini Biaya Pajak Honda Revo untuk Semua Tipe

Mengutip laman MyPertamina, penggunaan ethanol pada BBM dapat meningkatkan performa kendaraan. Akselerasi kendaraan jauh lebih responsif untuk mendapatkan kecepatan maksimal.

Selain itu, Pertamax Green menggunakan bauran energi terbarukan dan ramah lingkungan karena berupa campuran bahan bakar nabati (biofuel) yang dibuat dari molase tebu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: