Iklan RBTV Dalam Berita

Mau Mulai Usaha tapi Terbentur Modal? Tenang Ini 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Mau Mulai Usaha tapi Terbentur Modal? Tenang Ini 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Cara dapatkan modal usaha gratis--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Mau mulai usaha tapi terbentur modal? Tenang ini 7 cara mendapatkan modal usaha gratis.

Dalam menjalankan suatu bisnis, memiliki ide yang keren dan inovatif bagus saja tidak cukup, selain hal itu tentunya kamu perlu modal sebagai aspek utamanya.

BACA JUGA:29 Remaja Diduga Geng Motor Diamankan Polisi, Diantaranya Diduga Pelaku Pembacokan di Kapuas

Meski modal usaha bukanlah hal pertama yang harus dipikirkan dalam sebuah bisnis, namun tanpa adanya modal pun otomatis bisnis yang dijalankan akan terhambat. Maka itu, mengetahui cara mendapatkan modal secara gratis sangat perlu.

Mendapatkan modal usaha gratis mungkin terdengar seperti tantangan yang sulit, tetapi dengan kreativitas, dedikasi, dan strategi yang tepat, Anda dapat memanfaatkan beberapa peluang.

Mengenal Modal Usaha 

Modal usaha merujuk pada jumlah uang atau aset yang diperlukan untuk memulai, mengembangkan, atau menjalankan kegiatan bisnis. Di dalamnya mencakup semua sumber daya finansial yang digunakan untuk mendukung operasional perusahaan, termasuk pembelian inventaris, pembayaran gaji karyawan, biaya pemasaran, dan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA:Sejarah dan Prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia, Pernah Juara Piala Asia U-20

Dalam menjalankan usaha ada dua jenis modal yang utama, yaitu:

1. Modal Sendiri (Equity)

Dikutip dari Investopedia, modal sendiri mencakup investasi dari pemilik bisnis atau pihak internal lainnya. Modal ini bisa berupa uang tunai, aset yang dimiliki, atau ekuitas yang ditanamkan oleh pemilik.

2. Modal Pinjaman (Debt)

Modal pinjaman berasal dari pihak eksternal, seperti bank atau lembaga keuangan lainnya. Biasanya, modal ini harus dikembalikan dengan bunga sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan.

Modal usaha sangat penting karena mampu menciptakan dasar keuangan yang stabil untuk perusahaan. Memahami kebutuhan modal yang sesuai dengan jenis bisnis dan tahap pengembangan dapat membantu pengusaha mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: