Iklan RBTV Dalam Berita

Vietnam Gagal Lolos Piala Asia U-20 2025 Hingga Alami Kerugian Besar, Timnas Indo Dituduh Jadi Peyebab

Vietnam Gagal Lolos Piala Asia U-20 2025 Hingga Alami Kerugian Besar, Timnas Indo Dituduh Jadi Peyebab

Vietnam Gagal Lolos Piala Asia U-20 2025 Hingga Alami Kerugian Besar, Timnas Indo Dituduh Jadi Peyebab--Foto: ist

Hasil ini membuat Vietnam tidak akan tampil di ajang prestisius di level Asia. Itu bukanlah sebuah bencana, namun sebuah peringatan bagi sepak bola Vietnam.

BACA JUGA:Peluang Timnas Lolos Lebih Cepat ke Piala Dunia, Berikut Rekap Kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia Grup ABC

"Tanpa generasi pemain berkualitas berikutnya, risiko Vietnam kehilangan tenaga di masa depan akan semakin besar," tulis Soha mengomentari kegagalan Vietnam.

Timnas Indo Dituduh Jadi Peyebab

Seperti yang diketahui, Timnas Vietnam U-20 mengakhiri Grup A sebagai runner-up usai mengumpulkan 9 poin. Golden Star Warriors muda kalah saing dari Suriah yang menjadi juara Grup A dengan mengoleksi 12 poin.

Penentuan juara dan runner-up Grup A itu pun ditentukan di laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Lach Tray, Haiphong, Vietnam, pada Minggu 29 September 2024. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Vietnam U-20 justru kalah 0-1 dari Suriah U-20.

Kekalahan itulah yang membuat Vietnam U-20 finis sebagai runner-up Grup A. Mau tak mau, Timnas Vietnam U-20 mengantungkan nasibnya dari hasil grup lain agar bisa menjadi bagian dari lima runner-up terbaik di babak Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Ini 6 Negara Asia yang Dijagokan Lolos ke Babak Keempat

Awalnya Vietnam U-20 masih masuk ke dalam lima runner-up terbaik tersebut. Namun, hasil imbang 1-1 yang diraih Timnas Indonesia U-20 vs Yaman U-20 di Grup F serta kekalahan 0-1 Thailand U-20 dari Irak U-20 justru membuat Vietnam U-20 terlempar dari 5 besar di klasemen runner-up terbaik.

Andai Timnas Indonesia U-20 menang atas Yaman dengan skor 1-0 saja, maka Vietnam U-20 bisa menggantikan posisi Yaman karena nantinya perolehan poin sama-sama 6 angka. Meski sama-sama 6 poin, Vietnam U-20 unggul dalam selisih gol dari Yaman.

Hal itulah yang membuat Soha menyebut Timnas Indonesia U-20 menjadi salah satu penyebab Vietnam U-20 gagal lolos ke Piala Asia U-20 2025.

“Tanpa meraih kemenangan sekaligus, Indonesia dan Thailand menyebabkan tim Vietnam turun peringkat dan tersingkir (dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2025),” bunyi pernyataan media Vietnam, Soha, dalam salah satu artikel mereka.

Pada akhirnya, lima tim yang lolos via runner-up terbaik adalah Yaman U-20 (Grup F), Kirgistan (Grup I), Australia (Grup D), Thailand (Grup H), dan Yordania (Grup J).

Demikianlah ulasan, Vietnam gagal lolos Piala Asia U-20 2025 hingga alami kerugian besar, Timnas Indonesia dituduh jadi peyebab.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: