Iklan RBTV Dalam Berita

Lanang Betuah Jak Bengkulu

Lanang Betuah Jak Bengkulu

Ketua DPD RI, Sultan B Najamudin--

Lanang Betuah Jak Bengkulu

Oleh: Purnama Sakti

 

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Semoga saja Bang Sultan (Sultan B Najamudin) tidak keberatan dengan judul itu. Lanang berarti pria. Betuah diambil dari bahasa Melayu yang berarti bermanfaat, beruntung atau bisa juga diartikan mujur. 

Pria ini memang menarik. Ada yang memanggilnya dengan Bang Sultan, ada juga yang menyebutnya Bungsu. 

Arti Bungsu dalam konteks panggilan Sultan juga tidak hanya satu. Bungsu bisa diartikan sebagai Bung Sultan karena beliau merupakan bagian dari organisasi kepemudaan yang identik dengan panggilan ‘Bung’.

Atau Bungsu bisa juga diartikan sebagai urutan Sultan di keluarganya. Bang Sultan merupakan anak terakhir atau biasa dipanggil Bungsu. Terserahlah mau menggunakan arti yang mana.   

Sultan dilahirkan di Desa Anggut, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu pada 11 Mei 1979. 

Walaupun beliau berasal dari Bengkulu Selatan, rasa-rasanya tidak lah melanggar jika dalam judul tulisan ini disebut ‘Jak Bengkulu’. Kata ‘Jak’ merupakan bahasa daerah Bengkulu Selatan yang berarti ‘Berasal’ atau ‘Dari’. Jak Bengkulu berarti berasal dari Bengkulu.

Orang Kabupaten Bengkulu Selatan juga sepertinya tidak akan protes jika Sultan disebut berasal dari Bengkulu (lingkup Provinsi Bengkulu). 

Karena memang dia menjadi Ketua DPD RI berasal dari Daerah Pemilihan Provinsi Bengkulu. Artinya Sultan milik Provinsi Bengkulu. Lebih luas lagi, Sultan milik Indonesia. 

Tadi malam, Bang Sultan terpilih sebagai Ketua DPD RI melalui mekanisme voting. Ini suatu kebanggaan juga kebahagiaan bagi orang Bengkulu khususnya. 

Karena dalam sejarah berdirinya Provinsi Bengkulu, hanya hitungan jari ada orang Bengkulu yang berhasil tampil di pentas nasional dengan memegang jabatan penting di negeri ini. Kita warga Bengkulu, benar-benar bangga dan bahagia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: