Iklan RBTV Dalam Berita

5 Cara Merawat Kompor Gas Biar Awet, Emak-emak Harus Tahu

5 Cara Merawat Kompor Gas Biar Awet, Emak-emak Harus Tahu

Cara Merawat Kompor Gas --

Untuk itulah, memakai kompor gas tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli kompor gas buat di rumah, yakni:

1. Perhatikan ukuran kompor

Tips pertama untuk memilih kompor gas adalah memperhatikan ukurannya. Soalnya, ukuran kompor gas atau tanam yang sesuai bisa memengaruhi kenyamanan saat sedang memasak. Pastikan ukuran kompor gas tanam sesuai dengan meja dan luas dapur.

Dan yang kalah penting adalah perhatikan ukuran kompor. Untuk dapur kecil, kamu bisa memakai kompor dengan ukuran dimensi 30 cm atau satu tungku.

Sedangkan jika kamu memiliki dapur yang luas, ukuran kompor 70 cm atau dua tungku bisa jadi pilihan tepat.

BACA JUGA:Geger! Pria Paru Bayah Ini Dibacok Oleh Pengendara Motor yang Tak Dikenal, Begini Kondisinya

2. Pastikan kompornya berkualitas

Pilih kompor gas yang berkualitas supaya bisa kamu gunakan dalam waktu lama. Kamu bisa memilih kompor dengan material stainless steel karena lebih kokoh dan memiliki sifat anti karat.

Kemudian, pilih yang burner atau ring kompor terbuat dari bahan kuningan supaya bisa menyebarkan panas secara merata dan maksimal. Hal ini bertujuan agar makanan bisa matang secara merata.

3. Pilih yang hemat gas

Kompor yang boros gas juga bisa menjadi masalah tersendiri karena membuat pengeluaran kamu jadi boros. Oleh karena itu, pilih kompor yang hemat gas supaya kamu bisa lebih hemat.

BACA JUGA:Viral! Buaya-buaya Masuk ke Pemukiman Warga Bikin Geger dan Panik, Ternyata Penangkarannya Jebol

4. Sesuaikan dengan kebutuhan memasak

Fungsi kompor gas adalah untuk memasak aneka jenis makanan. Umumnya, jenis kompor gas cukup beragam, dari satu tungku, dua tungku, empat tungku, hingga freestanding yang dilengkapi oven.

Nah, pastikan kamu membeli kompor sesuai dengan kebutuhan masak kamu. Bila kamu jarang memasak, maka pilih kompor gas dua tungku.

Jika kamu selalu memasak setiap harinya, maka kamu bisa memakai kompor dengan empat tungku atau bisa juga dengan memilih kompor yang sudah dilengkapi oven.

5. Utamakan garansi

Saat kamu membeli kompor, pastikan ada garansi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir bila kompor mengalami kerusakan karena bisa melakukan klaim perbaikan selama masa garansi.

BACA JUGA:Simulasi Angsuran Toyota Innova Reborn DP Rp 35 Juta, Segini Cicilannya per Bulan

6. Utamakan faktor keamanan kompor

Faktor keamanan juga jadi hal penting saat beli kompor gas. Untuk memastikan tingkat keamanan kompor, kamu bisa memilih alat dengan regulator yang sudah memenuhi standar mutu SNI.

7. Perhatikan jarak antar tungku pada kompor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: