Iklan RBTV Dalam Berita

Kapan Musim Hujan di Jambi Tiba? Simak Penjelasan BMKG

Kapan Musim Hujan di Jambi Tiba? Simak Penjelasan BMKG

Prediksi Musim Hujan di Jambi --

optimal.
Begitu masuk musim hujan, keduanya mesti ada di tas atau bagasi sepeda motor dan mobil. Walaupun hujan masih jarang turun, jangan sampai kamu gak membawanya ketika hujan tiba-tiba mengguyur.

Lebih baik bawa setiap hari meski tidak dipakai daripada pulang basah kuyup padahal di rumah semuanya ada.

Selalu cek apakah payung bisa dibuka dengan normal terlebih setelah lama gak digunakan. Payung lipat kerap lebih mudah rusak sehingga perlu diperiksa. Jas hujan juga mesti dicek kalau-kalau ada bagian yang berlubang dan membuatmu tetap kebasahan ketika mengenakannya.

BACA JUGA:Miris! Seorang Siswi SMP Jadi Korban Kekerasan Seksual Bocah SD, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

2. Tas atau pelindung tas tahan air

Kalau ukuran tas yang dipakai mungil, kamu bisa menyembunyikannya di balik jas hujan. Namun bila dirimu mesti membawa banyak barang sampai ransel begitu gemuk, tentu sulit melindunginya dengan jas hujan.

Payung yang dipakai pun belum tentu membebaskan tas dari percikan air.
Paling aman kamu menggunakan tas berbahan tahan air biar semua barang di dalamnya aman. Apalagi jika dirimu membawa laptop dan berbagai dokumen penting.

Bila untuk membeli tas baru yang anti air belum ada bujetnya, utamakan pelindungnya saja yang dijual terpisah dan harganya lebih murah.

Pastikan ukurannya pas dengan tasmu dan ujung-ujungnya dapat dikaitkan sehingga lebih rapat dalam melindungi tas.

Pelindung tas dengan warna terang juga dapat dipilih sekalian agar pengguna kendaraan bermotor lebih mudah melihatmu ketika hujan begitu deras. Ini mengurangi potensi kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA:Penampakan Pocong Muncul di Pohon Kelapa Bikin Geger, Warga Kompak Kejar, Warganet: Kekompakannya Keren

3. Pembersihan Saluran Air

Pastikan saluran air di sekitar rumah, seperti saluran air, got, dan selokan, bersih dari sampah dan hambatan. Ini akan membantu air hujan mengalir dengan baik.

4. Perawatan Atap dan Talang Air

Periksa atap rumah untuk memastikan tak ada kerusakan atau bocor yang memungkinkan air hujan masuk ke dalam rumah. Perbaiki kerusakan jika ditemukan. Bersihkan talang air rumah untuk memastikan aliran air hujan enggak terhalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: