Iklan RBTV Dalam Berita

Begini Cara Mudah Cek Pesaing dalam Tes CPNS Tahun 2024, Bisa Dilakukan Sendiri

Begini Cara Mudah Cek Pesaing dalam Tes CPNS Tahun 2024, Bisa Dilakukan Sendiri

Cara cek pesaing di tes cpns 2024 melalui SSCASN--

Cek Melalui Instansi atau Kementerian

Selain melalui portal SSCASN, peserta juga dapat mengecek jumlah pesaing CPNS 2024 melalui surat pengumuman yang diterbitkan oleh masing-masing instansi atau kementerian. 

Setelah proses pengumuman pasca sanggah, setiap instansi akan mengumumkan daftar peserta terbaru yang lolos seleksi administrasi. Pengumuman ini biasanya tersedia dalam format PDF dan dapat diunduh oleh peserta.

BACA JUGA:Terbaru! Segini Nilai Passing Grade SKD CPNS 2024, Simak Kisi-kisi Jumlah Soal

Kisi-kisi Soal SKD CPNS 2024

KepmenPANRB No 321 Tahun 2024 juga memberikan informasi mengenai kisi-kisi soal yang akan diujikan dalam SKD CPNS 2024. Berikut adalah rincian materi yang akan diuji:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) akan menilai pelamar dalam segi penguasaan, pengetahuan, dan kemampuan dalam mempraktikan berbagai hal yang berkaitan sebagai warga negara. Kisi-kisi soalnya yakni:

  • Bahasa negara, dengan tujuan mampu menggunakan bahasa negara sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Bela negara, dengan tujuan mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  • Nasionalisme, dengan tujuan mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Pilar negara, dengan tujuan mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Integritas, dengan tujuan menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

TIU akan mengukur sejauh mana pemahaman pelamar dalam pengetahuan umum. Berbagai tes akan memuat materi seperti:

  • Numerik yang meliputi berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita.
  • Verbal yang meliputi analogi, silogisme, dan analitis.
  • Figural yang meliputi analogi, ketidaksamaan, dan serial.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP adalah materi yang digunakan untuk menilai sejauh mana calon pegawai memiliki sifat dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai PNS. Jawaban yang paling sesuai diberi bobot jawaban tertinggi dan yang paling tidak sesuai diberi bobot terendah. 

Pelamar harus menjawab salah satunya bila tak ingin mendapat nilai 0. Adapun materinya yakni:

  • Sosial budaya, dengan tujuan mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya.
  • Jejaring kerja, dengan tujuan mampu membangun dan membina hubungan, bekerja sama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif.
  • Pelayanan publik, dengan tujuan mampu menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif agar bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasaan orang lain sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki.
  • Teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan mampu memanfaatkan teknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja.
  • Anti radikalisme, dengan tujuan menjaring informasi dari individu tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menghadapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.
  • Profesionalisme, dengan tujuan mampu melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

BACA JUGA:Lebih Baik Pakai Nilai SKD 2023 Atau Tes SKD 2024, Ini Beberala Hal yang Bisa Jadi Pertimbangan Lolos CPNs

Mengetahui cara cek pesaing dalam tes CPNS 2024 sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Dengan memahami langkah-langkah dan informasi yang diperlukan, Anda dapat mengoptimalkan persiapan dan meningkatkan peluang untuk lolos seleksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: