Iklan RBTV Dalam Berita

Coba Amati! Ini Tanda-tanda Alam Jika Sudah Masuk Musim Penghujan, Salah Satunya Muncul Awan Ini

Coba Amati! Ini Tanda-tanda Alam Jika Sudah Masuk Musim Penghujan, Salah Satunya Muncul Awan Ini

Tanda Alam Sudah Masuk Musim Penghujan--

Petir ini dianggap sebagai penanda bahwa perubahan cuaca sedang berlangsung dan musim hujan sudah semakin dekat.

Namun, di beberapa wilayah, bunyi petir ini juga bisa menandakan bahwa musim hujan akan segera berakhir. Jadi, jika sahabat camkoha mendengar suara petir di siang hari, cobalah perhatikan pola cuaca selanjutnya.

BACA JUGA:Hitungan Detik, Dua Bandit Berhasil Curi Sepeda Motor Jemaah Mesjid Sedang Shalat

6. Kemunculan Awan 'Afu Naog'

Di beberapa daerah, ada kepercayaan tradisional yang mengaitkan kemunculan awan tertentu dengan datangnya musim hujan.

Salah satu contohnya adalah awan 'Afu Naog', yang dipercaya muncul saat musim hujan hampir tiba. Awan ini biasanya terlihat dalam dua gumpalan, satu besar dan satu kecil, dan lebih sering muncul pada malam hari.

Awan besar disebut sebagai 'Afu Naog' dan yang kecil sebagai 'anaknya'. Jika kedua gumpalan awan ini terlihat berdekatan, ini dianggap sebagai pertanda baik bagi para petani, karena musim panen akan berhasil dan hasilnya memuaskan.

Namun, jika 'Afu Naog' terpisah jauh dari anaknya, kepercayaan setempat menganggap ini sebagai pertanda buruk. Mereka percaya bahwa ini menunjukkan akan terjadinya kelaparan atau hasil panen yang buruk, meskipun curah hujan tinggi.

Kepercayaan ini sudah turun-temurun dipegang oleh para petani, dan menjadi salah satu cara mereka untuk memprediksi hasil panen.

BACA JUGA:Ngeri! Pelecehan Seksual Terhadap Bocah di Panti Asuhan, Pemilik Panti dan Pengasuh Jadi Tersangka

7. Tipe-tipe Curah Hujan di Indonesia

Mengutip dari jurnal "Karakter Curah Hujan di Indonesia" oleh Tukidi, ada tiga tipe utama curah hujan di Indonesia yang juga dapat dijadikan indikator datangnya musim hujan:

- Tipe Ekuatorial

Tipe curah hujan ini berkaitan dengan pergerakan zona konvergensi ke utara dan selatan. Ciri utamanya adalah adanya dua kali maksimum curah hujan bulanan dalam setahun. Wilayah yang terkena dampaknya antara lain Sumatera dan Kalimantan.

- Tipe Monsun

Curah hujan tipe ini dipengaruhi oleh angin laut dalam skala besar. Ciri utamanya adalah perbedaan yang jelas antara musim hujan dan kemarau.

Curah hujan maksimum biasanya terjadi sekali dalam setahun. Wilayah yang terkena dampak tipe ini termasuk Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: