Iklan RBTV Dalam Berita

Jawaban Gus Baha tentang Mendahulukan Salat Berjamaah atau Kerja, Ternyata...

Jawaban Gus Baha tentang Mendahulukan Salat Berjamaah atau Kerja, Ternyata...

Jawaban Gus Baha tentang Mendahulukan Salat Berjamaah atau Kerja, Ternyata...--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Jawaban gus-baha tentang mendahulukan salat berjamaah atau kerja, ternyata...

"As-Shalatu 'ala waktiha (shalat di awal waktu) secara berjamaah disebut sebagai amalan yang paling utama. Bahkan, menurut riwayat Ibnu Mas'ud, keutamaannya melebihi jihad dan berbakti kepada orang tua (HR Bukhari Muslim). Riwayat lain juga menyebutkan, Rasulullah mewajibkan surga sebagai tempat kembali orang-orang yang memelihara shalat berjamaah. (HR Ahmad).

Tentu, merupakan kerugian besar bagi mereka yang melewatkan kesempatan shalat berjamaah. Namun, ada kalanya seseorang mempunyai uzur yang menghalanginya untuk menunaikan shalat berjamaah. Misalkan orang sakit, lansia yang sudah lemah, hujan lebat, dan sebagainya. Namun, apakah boleh meninggalkan shalat berjamaah karena sibuk dengan pekerjaan?

BACA JUGA:Mendatangi Kuburan Ketika Hidup Terlilit Masalah dan Utang, Begini Kisah yang Diceritakan Gus Baha

Jawaban Gus Baha tentang Mendahulukan Salat Berjamaah atau Kerja

Dalam ceramahnya, Gus Baha menyampaikan pentingnya memahami prioritas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ini menjadi relevan, terutama bagi mereka yang sering dihadapkan pada dilema antara memenuhi kewajiban pekerjaan dan ibadah.

Dalam salah satu sesi ngaji, Gus Baha mengisahkan tentang Abdul Qasim Al Junidi yang pernah ditanya mengenai pilihan antara bekerja dan melaksanakan sholat berjamaah.

Di tengah kesibukan, dia dihadapkan pada situasi di mana majikannya tidak mengizinkan untuk melaksanakan sholat jamaah. Abdul Qasim pun menjawab bahwa meskipun sholat jamaah adalah fardu kifayah, seseorang tetap harus memastikan nafkah untuk keluarganya.

BACA JUGA:Mandi Wajib Pakai Shampo dan Sabun Jadi Tidak Sah Kalau Begini, Gus Baha Jelaskan Rukunnya

Gus Baha menyebutkan kutipan dari Abdul Qasim Aljunidi, yang mengingatkan bahwa sholat jamaah jangan sampai mengorbankan nafkah untuk keluarga.

"Jangan sampai kita mengabaikan tanggung jawab kepada istri dan anak hanya karena berfokus pada ibadah semata," ujar Gus Baha, seperti dikutip dari tayangan YouTube kanal @NgajiHidup123.

Dalam hal ini, dia mengingatkan bahwa sholat itu penting, namun tidak boleh menjadikan kita terjerat dalam kesulitan ekonomi.

BACA JUGA:Kata Gus Baha, Sedekah Model Begini Malah Jadi Riba dan Berdosa

Ketika ada yang bertanya, "Bukankah jamaah itu fardu kifayah?" Gus Baha menjelaskan bahwa meskipun sholat jamaah adalah fardu kifayah, tidak ada yang bisa menggantikan tanggung jawab untuk memberikan nafkah. Ia menegaskan pentingnya menyeimbangkan antara ibadah dan tanggung jawab duniawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: