Iklan RBTV Dalam Berita

Komedo Ganggu Penampilan, Begini 10 Cara Ampuh Hilangkan Bruntusan di Wajah

Komedo Ganggu Penampilan, Begini 10 Cara Ampuh Hilangkan Bruntusan di Wajah

Cara hilangkan bruntusan atau komedo di wajah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBruntusan atau komedo acne atau jerawat komedo adalah kondisi kulit yang dengan gejala penumpukan komedo akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran. 
Masalah ini membuat kulit menjadi kasar dan tidak rata. Jika merabanya, tekstur kulit terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol.
Ini tentu akan sangat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang. Sebab hal ini akan mudah terlihat oleh orang lain.

BACA JUGA:Manfaat Unji atau Kecombrang untuk Kecantikan, Selain untuk Kesehatan

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, masih ada sejumlah cara untuk mengatasinya.
Yuk, simak dan ikuti cara mudah menghilangkan bruntusan pada kulit wajah berikut ini!

Cara Menghilangkan Beruntusan di Wajah

Berikut adalah sejumlah cara yang efektif untuk menghilangkan bruntusan dilansir dari beberapa sumber.

1. Cuci Muka

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu wajib mencuci muka setiap hari menggunakan sabun. 
Menurut penelitian yang dimuat Pediatric Dermatology, intensitas mencuci muka yang paling baik adalah dua kali sehari. Menurut jurnal ini, apabila mencuci muka hanya satu kali sehari, akan berisiko memperburuk beruntusan pada wajah.
Lalu, pilihlah sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, retinoid, atau sulfur.

BACA JUGA:Ternyata Segini Lho, Gaji Apoteker di Klinik Kecantikan Maupun Rumah Sakit, Terbaru 2024!

2. Antibiotik

Tak hanya cuci muka, pada kasus beruntusan berat yang berlangsung lama, kamu juga mungkin akan disarankan dokter untuk mengonsumsi obat antibiotik.
Biasanya, jenis antibiotik yang diresepkan adalah jenis doxycycline, minocycline, sarecycline, atau tetracycline. Menurut penelitian yang dimuat pada The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.
Di antara keempat jenis antibiotik tersebut, jenis tetracycline merupakan antibiotik paling kuat untuk mengatasi beruntusan.
Namun juga perlu dicatat, obat antibiotik tidak bisa dijadikan pengobatan tunggal untuk mengatasi beruntusan. 
Konsumsi obat harus tetap diiringi dengan perawatan konvensional, yaitu mencuci muka dengan sabun cuci muka yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.
Selain itu, sebelum mengonsumsi antibiotik, jangan lupa konsultasi ke dokter terlebih dulu agar dokter dapat menilai, apakah kamu membutuhkan obat antibiotik atau tidak.

BACA JUGA:8 Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan, Ampuh Cegah Penuaan Dini hingga Perbaikan Skin Barrier

3. Olahan Daun Teh

Olahan daun teh, baik itu berupa minuman atau krim berbahan dasar daun teh, juga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi beruntusan.
Berdasarkan penelitian yang dimuat jurnal Antioxidants (Basel), hal ini tidak lepas dari kandungan polifenol yang terdapat dalam daun teh.
Kandungan polifenol inilah yang menurut para ahli, dapat menurunkan produksi sebum untuk mencegah dan mengatasi bruntusan.

BACA JUGA:9 Manfaat Cuka Apel Untuk Wanita, Dari Kesehatan Hingga Kecantikan

4. Gel Lidah Buaya

Nah, jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih alami lagi bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman herbal dengan sejuta manfaat. 
Sakah satu manfaatnya adalah dapat mengatasi kulit wajah yang bruntusan, terutama jika bruntusan yang dialami dipicu oleh bakteri.
Menurut sejumlah ahli, lidah buaya memiliki senyawa antrakuinon (aloe-emodin) dan polisakarida. Senyawa ini mirip dengan tetracycline atau tetrasiklin, sejenis antibiotik yang dapat merangsang proses pemusnahan bakteri.

BACA JUGA:Bukan ke Klinik Kecantikan, Ini 8 Jenis Buah yang Bisa Bikin Wajah Halus dan Cerah

5. Masker Arang atau Tanah Liat

Sebagai bagian dari perawatan wajah, masker yang terbuat dari arang (charcoal) dan tanah liat (clay) boleh kamu coba.
Jenis masker ini sangat baik untuk mengeringkan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori wajah. Masker ini bahkan juga dapat menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit yang terperangkap di pori-pori, sehingga proses menghilangkan beruntusan dapat lebih mudah.

BACA JUGA:Bukan ke Klinik Kecantikan, Ini 8 Jenis Buah yang Bisa Bikin Wajah Halus dan Cerah

6. Madu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: