Iklan dempo dalam berita

Ancaman Dunia, Jika Gunung Berapi Bawah Laut TERBANGUN Bisa Memicu 85.000 Gempa Bumi

Ancaman Dunia, Jika Gunung Berapi Bawah Laut TERBANGUN Bisa Memicu 85.000 Gempa Bumi

Ancaman Dunia, Jika Gunung Berapi Bawah Laut TERBANGUN Bisa Memicu 85.000 Gempa Bumi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Adanya penemuan 19.000 gunung berapi bawah laut di bumi baru-baru ini membuat para ilmuwan terkejut.

Sebab selama ini mereka jarang terpantau, padahal faktanya keberadaan mereka bisa mengancam kehidupan di dunia. 

Tsunami kolosal tidak jarang menjadi akibat dari letusan puncak gunung yang tersembunyi dalam lautan.

BACA JUGA:Masyaallah, Gunung Berapi Bawah Laut Misterius Tumbuh Setinggi 975 Meter

Pada 2020, gunung berapi bawah laut yang sudah lama tidak aktif di dekat Antartika terbangun, dan memicu 85.000 gempa bumi. Kawanan gempa, yang dimulai pada Agustus 2020 dan mereda pada November tahun itu, merupakan aktivitas gempa terkuat yang pernah tercatat di wilayah tersebut.

Sebuah penelitian baru yang dipublikasikan tahun lalu menyatakan, gempa tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh 'jari' magma yang panas menyembul ke dalam kerak bumi. “Ada intrusi serupa di tempat lain di Bumi, tetapi ini adalah pertama kalinya kami mengamatinya di sana," kata rekan penulis penelitian, Simone Cesca kepada Live Science pada April 2022 seperti dirilis dari laman republika.co.id.

BACA JUGA:Pertanda Apalagi Ini? Ilmuwan Sampai Bingung Ada Susunan 19.000 Gunung Berapi Bawah Laut

Seismolog di GFZ German Research Center for Geosciences, Potsdam itu mengatakan, biasanya, proses gempa seperti itu terjadi dalam skala waktu geologis yang lama, bukan dalam rentang waktu hidup manusia. “Jadi sedikit banyak, kita beruntung melihat ini," kata Cesca.

Serangkaian gempa itu terjadi di sekitar Gunung Laut Orca, gunung berapi tidak aktif yang menjulang 2.950 kaki atau 900 meter dari dasar laut di Selat Bransfield. Itu adalah jalur sempit antara Kepulauan Shetland Selatan dan ujung barat laut Antartika.

BACA JUGA:Gunung Merapi Erupsi, Bukit Kaba Sudah 11 Kali Gempa Satu Minggu Terakhir

Menurut sebuah studi tahun 2018 di jurnal Polar Science, di wilayah itu terdapat lempeng tektonik Phoenix yang menyelam di bawah lempeng benua Antartika, menciptakan jaringan zona patahan, meregangkan beberapa bagian kerak, dan membuka celah di tempat lain.

Para ilmuwan di stasiun penelitian Pulau King George, salah satu Kepulauan South Shetland, adalah yang pertama merasakan gemuruh gempa kecil. Kabar segera menghampiri Cesca dan rekan-rekannya di seluruh dunia, beberapa di antaranya berkolaborasi dalam proyek terpisah dengan para peneliti di pulau itu. "Tim ingin memahami apa yang sedang terjadi, tetapi Pulau King George terpencil, dengan hanya dua stasiun seismik di dekatnya," kata Cesca.

BACA JUGA:Misteri, Ada Pohon Panjang Umur dan Suku Unik di Gunung Patah

Jadi, para peneliti menggunakan data dari stasiun seismik tersebut, serta data dari dua stasiun bumi untuk sistem navigasi satelit global dan mengukur perpindahan tanah. Mereka juga melihat data dari stasiun seismik yang lebih jauh dan dari satelit yang mengelilingi Bumi. "Satelit menggunakan radar untuk mengukur pergeseran di permukaan tanah," kata penulis penelitian di jurnal Communications Earth & Environment pada 11 April 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: