Iklan dempo dalam berita

El Nino 2023, 6 Wilayah Ini Rawan Kekeringan, Waspada Juga Penyakit DBD, Kolera dan Diare

El Nino 2023, 6 Wilayah Ini Rawan Kekeringan, Waspada Juga Penyakit DBD, Kolera dan Diare

Indonesia menghadapi ancaman kemarau dan siklus el nino--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Fenomena El Nino diperkirakan mampir ke Indonesia pada Agustus 2023 mendatang. Semua pihak pun sudah diminta untuk bersiap-siap menghadapi risiko kekeringan yang luas pada berbagai wilayah.

Namun, apa saja sih sebenarnya dampak El Nino yang perlu diketahui?

Mengutip keterangan pada laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI seperti dirilis dari laman liputan6.com, El Nino akan berdampak pada pola iklim secara global. Pada banyak lokasi, El Nino menghasilkan variasi iklim yang berlawanan dengan La Nina.

“Misalnya, sebagian Australia dan Indonesia rentan terhadap kekeringan selama El Nino. Sementara itu selama La Nina, umumnya akan lebih basah dari biasanya," tulis keterangan mengutip laman BMKG.

Selain itu, akibat terjadinya cuaca ekstrem tersebut, berbagai penyakit bisa timbul. Masyarakat menjadi lebih rentan mengalami diare, flu, demam berdarah (DBD) kolera, ataupun penyakit lainnya.

BACA JUGA:Subhanallah, Satu Planet Langka Ditemukan, Berukuran 2 Kali Luas Bumi Tertutup Lautan

Dalam hal pertanian, fenomena perubahan iklim seperti terjadinya El Nino dapat menyebabkan tanaman rusak dan kekurangan pasokan air. Kelembaban udara yang meningkat dapat memancing kehadiran hama serta menyebabkan tanaman tidak bisa dipanen.

Begitupun dalam konteks kehidupan laut, El Nino bisa memicu terjadinya perpindahan ikan ke kawasan yang lebih sesuai, yang mana berujung mengurangi pendapatan nelayan untuk mencari ikan.

Fenomena El Nino sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Seperti garis khatulistiwa, interaksi laut-atmosfer, sirkulasi walker atau tinggi rendahnya tekanan udara di wilayah tertentu, hingga angin monsoon.

Ketika El Nino mampir, kekurangan angin pasat dan monsoon akan melemah. Sekaligus, daerah yang dilintasi oleh garis khatulistiwa akan mengalami penurunan curah hujan.

 

Dampak utama saat El Nino terjadi adalah beberapa kawasan di Indonesia rawan terkena dampak kekeringan. Beberapa kawasan yang berisiko jadi korban El Nino adalah:

 

BACA JUGA:Suhu ‘Neraka’, Ini Daftar Negara Paling Mendidih, Sudah 13 Orang Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: