Iklan dempo dalam berita

Sangkakala Malaikat Israfil, Berikut Penjelasan Bentuk, Jumlah Tiupan serta Temuan Sains

Sangkakala Malaikat Israfil, Berikut Penjelasan Bentuk, Jumlah Tiupan serta Temuan Sains

ilustrasi sangkakala malaikat israfil--

 

BACA JUGA:Banyak yang Percaya Nabi Isa AS akan Turun di Masjid Ini

Kalimat seluas langit dan bumi dapat dipahami sebagai ukuran yang meliputi/mencakup seluruh wilayah langit (sebagai lambang alam tak nyata atau gaib) dan bumi (sebagai lambang alam nyata/syahadah). Atau dengan kata lain, bulatan terompet Malaikat Israfil itu melingkar membentang dari alam nyata hingga alam gaib. 

 

Walaupun dalam hadist di atas disebutkan sangkakala tiga kali ditiup, namun ada pendapat lain yang menyatakan sangkakala dua kali ditiup.

 

Diantara ulama yang berpendapat dua kali ditipu adalah Ibnu ‘Abbas, Al-Hasan Al-Bashri, Qatadah, Al-Qurthubi dan Ibnu Hajar rahimahumullah.

 

Tiupan sangkakala yang pertama disebut dengan nafkhotul faza’ wa ash-sha’qi, yaitu tiupan yang menyebabkan terkejutnya seluruh makhluk sehingga menyebabkan kematian mereka. 

 

Menurut ulama yang berpendapat tiupan sebanyak dua kali, nafkhotul faza’ dan nafkhotu ash-sha’qi ini dua hal yang terjadi dalam satu waktu (satu tiupan), bukan dua tiupan yang terpisah. Artinya, mereka terkejut dan kemudian mati karenanya.

 

BACA JUGA:Pernah Geger Suara Aneh dari Langit, Malaikat Israfil akan Tiupkan Sangkakala sebagai Tanda Akhir Zaman

Para ulama yang berpendapat dua kali, mereka berdalil dengan firman Allah Ta’ala,

يَوْمَ تَرْجُفُ الرَّاجِفَةُ تَتْبَعُهَا الرَّادِفَةُ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: