Iklan dempo dalam berita

Ini Cara Mudah Mendeteksi Kesehatan Jantung, Bisa Dilakukan di Rumah

Ini Cara Mudah Mendeteksi Kesehatan Jantung, Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi jantung--

 

Tes itu dilakukan dengan mencoba gerakan ibu jari sejauh mungkin melewati telapak tangan. Peneliti menguji metode ini pada 305 orang.

 

"Studi kami menunjukkan bahwa mayoritas pasien aneurisma tidak menunjukkan tanda positif pada tes ibu jari-telapak tangan, tetapi pasien yang punya hasil tes positif memiliki kemungkinan tinggi untuk memiliki aneurisma," kata penulis senior Dr John A Elefteriades.

 

Dr Elefteriades mengatakan, orang yang bisa melenturkan ibu jari mereka hingga tepi telapak tangan tidak berada di jurang pecahnya aneurisma. Sebab, aneurisma sering kali membutuhkan waktu puluhan tahun untuk berkembang hingga berisiko pecah.

 

"Hasil tes yang positif tidak perlu membuat panik, namun, tes ini mungkin berguna untuk melihat orang dengan faktor risiko yang ada," tutur dr Elefteriades.

 

BACA JUGA:Ini 5 Patahan Bumi Penyebab Gempa, Ada yang Sepanjang 2 Kali Pulau Jawa

Untuk melakukan "tes telapak tangan-ibu jari", angkat satu tangan dan jaga agar telapak tangan tetap rata. Regangkan ibu jari sejauh mungkin melintasi telapak tangan.

 

Jika jempol bisa sampai melewati tepi terluar dari telapak tangan, Anda mungkin menyimpan aneurisma tersembunyi. Mampu menggerakkan ibu jari dengan cara itu merupakan indikasi tidak langsung bahwa persendian seseorang lemah.

 

Kondisi ini merupakan pertanda adanya penyakit jaringan ikat yang mungkin terjadi di seluruh tubuh, termasuk aorta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: