Iklan dempo dalam berita

34 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penghalang Datang Rezeki, Gus Baha: Cepat Hindari

34 Kebiasaan Buruk Ini Jadi Penghalang Datang Rezeki, Gus Baha: Cepat Hindari

gus baha--

Gus Baha menegaskan bahwa Allah SWT tetap memiliki hak untuk memberikan rezeki tersebut sesuai usaha yang dilakukan oleh umatnya.

BACA JUGA:Rancak Bana, Bahasa Minang dan Musi Terpopuler di Indonesia, Ini Daftarnya

Selanjutnya Gus Baha dalam ceramahnya tersebut menjelaskan tentang sebuah kisah Nabi Idris AS. “Kisah Nabi Idris, beliau mulia karena sering melihat cahaya matahari,” jelas Gus Baha.

Seseorang yang tidur di saat matahari sedang mulai bersinar cerah tersebut membuat hidupnya tidak berkah. “Matahari yang terkenal muncul tiap pagi dan kamu tinggal tidur itu lho. Matahari tujuannya menyinari bumi tapi kamu tinggal tidur,” jelas Gus Baha.

Gus Baha menjelaskan bahwa tidur di pagi hari merupakan hal yang dilarang terutama bagi mereka yang percaya akan kehadiran Allah SWT.

Sementara itu, kita mungkin pernah ditegur oleh orang tua, “Jangan duduk depan pintu” atau “Jangan tidur abis subuh”. Biasanya kita spontan bertanya, “Kenapa?” Mereka cukup menjawab, “Pamali.”  

Istilah “pamali” biasanya dipakai orang tua dahulu, terutama di daerah Sunda untuk menegur seseorang yang melakukan pantangan.

BACA JUGA:Kisah Nabi Yunus Ditelan Ikan, Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Setelah ditelusui, ternyata beberapa hal yang dilarang dan disebut “pamali” tersebut sebagian dilarang oleh para ulama, malahan ada juga yang memiliki landasan dalil dari Rasulullah SAW.

Salah satunya disebutkan oleh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. (Lihat: az-Zarnuji, Ta’lim al-Muta’allim, halaman 43-44).

Bahkan secara lengkap Syekh az-Zarnuji menyebutkan rahasia mengapa seseorang dilarang duduk depan pintu atau tidur setelah subuh. 

Di antaranya adalah karena menjadi sebab kefakiran dan penghalang rezeki. Selain dua larangan itu Az-Zarnuji juga memaparkan sebab-sebab lainnya.

 

Berikut daftar 35 sebab yang mewarisi kefikiran dan terhalangnya rezeki seseorang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: