Iklan RBTV Dalam Berita

Allahuakbar, Ini Pakaian para Penduduk Surga, Mulai Warna Hingga Perhiasan yang Luar Biasa

Allahuakbar, Ini Pakaian para Penduduk Surga, Mulai Warna Hingga Perhiasan yang Luar Biasa

Allahuakbar, Ini Pakaian para Penduduk Surga, Mulai Warna Hingga Perhiasan yang Luar Biasa--

أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ جَنَّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهِمُ ٱلْأَنْهَٰرُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَيَلْبَسُونَ ثِيَابًا خُضْرًا مِّن سُندُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ مُّتَّكِـِٔينَ فِيهَا عَلَى ٱلْأَرَآئِكِ ۚ نِعْمَ ٱلثَّوَابُ وَحَسُنَتْ مُرْتَفَقًا

Artinya: "Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah." (QS Al-Kahfi: 31).

BACA JUGA:Benarkah Orang Miskin Lebih Dulu Masuk Surga Ketimbang Orang Kaya? Ini Penjelasannya

Dalam kitab ad-Darul Qarar fi Bayanil-Qur'ani, ayat tersebut dijelaskan bahwa dikhususkannya warna hijau sebagai warna pakaian penduduk surga, yaitu karena warna ini sangat menarik perhatian dan cenderung disukai manusia pada umumnya. Warna hijau juga dikatakan sebagai warna yang menyehatkan mata.

Selain itu, pakaian penghuni surga ditenun dari sutra yang dihiasi oleh emas. Ketika umat manusia hidup di dunia, penggunaan sutra diharamkan bagi kaum laki-laki muslim.

Namun demikian, Allah SWT telah membolehkannya untuk digunakan di surga karena di sana mereka akan merasakan semua kenikmatan dan ganjaran atas semua perbuatan baik yang telah diperbuat ketika hidup di dunia.

Siapapun dari kaum laki-laki yang rela tidak menggunakan pakaian berbahan sutra ketika di dunia, maka kelak Allah SWT akan menggantikannya di akhirat dengan yang lebih baik.

Pakaian dan perhiasan para penghuni surga pun merupakan pakaian yang tidak lekas robek ataupun rusak. Hal ini sebagaimana dikatakan dalam riwayat hadits berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يَنْعُمُ لَا يَيْأَسُ لَا تُبْلَى ثِيَابَهُ وَلَا يَفْنِي شَبَابَهُ

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun yang masuk surga, maka ia akan mendapat kenikmatan dan bukan kesengsaraan. Pakaiannya tidak akan lusuh dan masa mudanya pun tidak akan hilang." (HR Muslim).

Menambahkan dari buku Amalan-Amalan Ringan yang Dirindukan Surga karya Ahmad Zacky El-Syafa, dikisahkan suatu hari Rasulullah SAW pernah datang dengan membawa baju sutera yang bagus. Para sahabat sampai merasa kagum atas keindahan dan kelembutannya.

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh sapu tangan Sa'ad dan Mu'adz di surga lebih baik daripada ini." (HR Bukhari).

Demikian warna pakaian penduduk surga yang digambarkan dalam Al-Qur'an. Semoga umat muslim yang senantiasa mengerjakan amal baik di dunia dapat memperoleh balasan surga dan kenikmatan di dalamnya.

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: