Iklan dempo dalam berita

Anak Adalah Titipan Tuhan, Berikut Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Anak Adalah Titipan Tuhan, Berikut Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Cara mendidik anak menurut Islam--

2. Mengajarkan Dasar-Dasar Islam

Cara mendidik anak menurut Islam selanjutnya dengan mengajarkan dasar-dasar Islam. Dalam kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam ash Shadiq, mengatakan mengenai tahap awal mengenalkan anak pada Allah SWT.

 

BACA JUGA:Doa Nabi Muhammad yang Tidak Dijawab Oleh Allah SWT

Disebutkan bahwa pada usia 3 tahun, ajarkan kalimat Tauhid "LAILA HA ILLALLAH" sebanyak 7 kali. Kemudian saat menginjak usia 3 tahun 7 bulan, ajarkan anak kalimat MUHAMMADAR RASULLULLAH".

 

"Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Lailaha-illaallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Lailaha-illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Lailah-illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya". (H.R Ibnu Abbas).

 

3. Memberi Contoh dan Mengajarkan Salat

Cara mendidik anak menurut Islam berikutnya dengan memberi contoh dan mengajarkan salat. Sejak balita sudah membiasakan anak untuk mengambil air wudu dan mengikuti gerakan salat, meskipun belum benar sama sekali.

 

Jika anak sudah terbiasa melihat orang tuanya salat dan meniru setiap gerakannya, kelak akan lebih mudah untuk diajari.

 

BACA JUGA:Allah SWT Selalu Melindungi, Setiap Upaya Pencurian Jasad Nabi Muhammad Selalu Gagal

"Suruhlah anak-anakmu salat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya". (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: