Iklan dempo dalam berita

Hukum Patungan dan Arisan Kurban Idul Adha, Ini Penjelasan Buya Yahya

Hukum Patungan dan Arisan Kurban Idul Adha, Ini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya--

“Semua patungan beli kambing lalu diberikan kepada ustadz, jadi ustadznya yang berkurban. Pahalanya sama,” paparnya.

Kalaupun memang patungan, cara yang bisa dilakukan lainnya adalah secara arisan. Misalnya orang yang patungan ada 10, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha mengumpulkan uang masing-masing Rp 200.000.

BACA JUGA:Khodam Macan Emas Bisa Diperoleh dengan Amalan Berikut Ini, Karakternya Pemberani

“Rp 200.000 dikali 10 orang Rp 2 juta, cukup untuk beli kambing, namun kalau patungan yang demikian bernilai sedekah yang bermanfaat di hari raya. Bagaimana caranya agar jadi kurban? Bergilir setiap tahun satu per satu, misalnya tahun ini si A, tahun berikutnya kumpulan lagi si B lagi yang kurban, hingga 10 tahun maka semuanya sudah bisa berkurban," urainya.

Memang saat ini banyak dilakukan salah satu cara menabung agar dapat berkurban di Hari Raya idul Adha adalah dengan ikut arisan kurban. Kurban sapi atau kambing, tergantung jumlah uang yang dikumpulkan.

Harga seekor kambing paling murah sekitar Rp 1-2 jutaan di hari biasa. Begitu menjelang Idul Adha, harganya naik. Termurah di kisaran Rp 3-4 juta per ekor.

BACA JUGA:Penting! Antara Qurban dan Aqiqah, Mana yang Didahulukan? Ini Penjelasan Buya Yahya

Sementara harga sapi berkisar Rp 12 jutaan sampai ratusan juta per ekornya. Untuk mengumpulkan uang sebanyak itu, kamu bisa ikut arisan kurban.

Arisan kurban di lingkungan tetangga maupun keluarga besar. Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan hukum arisan kurban dalam Islam? Boleh atau tidak ya?

Untuk menjawabnya, akan diulas hukum arisan kurban seperti dirangkum dari berbagai sumber. 

 

Arisan kurban boleh, asal...

 

BACA JUGA:Bingung Menolak Teman yang Mau Pinjam Uang? Coba Cara Ini

Arisan kurban adalah pengumpulan uang antara dua orang atau lebih dengan akad atau perjanjian bersama mengadakan kurban. Kewajiban anggota arisan adalah membayar iuran setiap bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: