Alasan Pria Papua Pakai Koteka? Ini Sejarah, Fakta dan Maknanya, Tegak Lurus Artinya Pria Sejati

Senin 10-07-2023,12:05 WIB
Reporter : Tim

 

Seorang pria yang mengenakan koteka dengan bentuk melengkung menandakan bahwa ia memiliki pengaruh dalam masyarakat sekitar.

Sayangnya, kini tak banyak yang menggunakannya sebab sejak 1964 penggunaan koteka dibatasi.

Larangan terkait masyarakat menggunakan koteka di tempat umum ini demi keselamatan dan keamanan warga.

Meski begitu, di wilayah pegunungan Papua, khususnya saat acara adat maupun kegiatan kebudayaan lainnya para pria masih mengenakan baju adat tradisional satu ini. Itulah alasan kenapa pria Papua memakai koteka baju adat yang unik.

 

BACA JUGA:Tradisi Unik, Setiap Tahun Masyarakat di Daerah Ini Berjalan Kaki hingga 100 Km untuk Bertemu Pejabat

 

Koteka ini juga menjadi bagian dari identitas yang menandakan status sosial. Masyarakat Papua telah memakai koteka sejak ratusan tahun lalu. Hal ini karena bahan bakunya sangat alami dan mudah ditemukan di alam untuk mereka buat dan kenakan. 

Dahulu banyak orang Papua yang memakai koteka di tempat umum. Namun sejak 1964, penggunaan koteka dibatasi. Aturan melarang masyarakat menggunakan koteka di tempat umum demi keselamatan dan keamanan warga. 

Namun penggunaan koteka masih banyak di wilayah pegunungan Papua, khususnya saat acara adat maupun kegiatan kebudayaan lainnya.

Koteka terbuat dari kulit labu air yang dibuang bijinya kemudian dikeringkan dan dijemur hingga kering. Penjemuran digunakan agar kulit bisa lebih awet dan tahan lama saat dirancang. 

 

BACA JUGA:Kebiasaan Unik Masyarakat Indonesia, Diantaranya Bakar Tongkang dari Riau

 

Beberapa ada yang menggunakan ciri khas tertentu seperti bulu ayam ataupun bulu burung pada bagian bawahnya. Saat sedang beraktivitas sehari-hari, koteka yang digunakan cenderung menggunakan koteka pendek, agar pengguna leluasa dalam melakukan pekerjaan. 

Kategori :