Katanya Kiamat Terjadi Hari Jumat, Sosok Berikut Paling Akhir Binasa saat Kiamat

Sabtu 23-09-2023,11:33 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Sebenarnya Alquran tidak menyebut berapa jumlah malaikat secara pasti. Namun, hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bertemu dengan Ibrahim yang bersandar di Baitul Ma'mur.

Di sana, terdapat 70 ribu malaikat. Artinya, jumlah malaikat sejatinya sangat banyak. Namun, setidaknya ada 10 malaikat dan tugasnya yang tercatat di Alquran. Berikut 10 nama malaikat dan tugasnya.

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril tugasnya menyampaikan wahyu dari hadirat Ilahi kepada nabi dan rasul. Nama lain dari Malaikat Jibril adalah Ruh Al-Quds, Ar-Ruh-Al-Amin, dan Namus.

2. Malaikat Mikail

Malaikat Mikail tugasnya mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki. Tugas yang paling dikenal adalah pembawa rezeki kepada semua makhluk ciptaan Allah SWT.

3. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil tugasnya meniupkan terompet sangkakala saat dimulainya kiamat suatu hari nanti. Terompet sangkakala akan ditiupkan sampai hari kebangkitan di Padang Mahsyar.

BACA JUGA:Urutan Tanda Kiamat, Diawali Kabut dan Diakhiri Lidah Api

4. Malaikat Izrail

Malaikat Izrail tugasnya mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

5. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar tugasnya menanyai orang-orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir tugasnya menanyai orang-orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

7. Malaikat Raqib

Kategori :