Tagihan Listrik Bengkak, Salah Satu Sebabnya Sering Buka Tutup Kulkas, Ini Cara Komplain Resmi ke PLN

Jumat 06-10-2023,17:43 WIB
Reporter : Tim liputan

Membengkaknya tagihan listrik per bulan bukannya tanpa alasan, melainkan karena sikapmu yang kurang bijak dalam memanfaatkan listrik yang ada. Agar tagihan listrik di bulan berikutnya berkurang alias hemat, kamu bisa terapkan tips-tips di atas.

Dengan demikian, kamu tidak serta-merta menyalahkan PLN apabila tagihan membengkak karena kamu bisa introspeksi diri lewat kebiasaan pemakaian listrik yang dilakukan.

BACA JUGA:Lagi Ramai, Pasang Foto Habib Muhammad Alex di WA Dapat Berkah, Benarkah Seorang Wali Majdub?

Ini Cara Komplain Listrik Bengkak

Beberapa pelanggan PT PLN (Persero) mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak melalui berbagai platform sosial media (sosmed). Namun, tak semua keluhan di dunia maya tersebut ditujukan dengan tepat kepada PT PLN (Persero) untuk diproses.

 

Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam menyampaikan keluhan tagihan listrik membengkak Anda?

Executive Vice President QAS Kantor Pusat PT PLN (Persero) Hikmat Derajat menyebut cara paling praktis untuk mengadukan tagihan listrik ialah dengan menelepon ke Call Center PLN di 123.

Namun, untuk menghindari ratusan penelepon lainnya yang juga tengah berburu jawaban atas membengkaknya tagihan listrik, ia menyarankan pelanggan untuk menggunakan sosial media.

“Bisa ke Call PLN 123, komposisi pengaduan paling besar lewat telepon," ucapnya dan menambahkan bahwa 95 persen pengaduan diterima perseroan lewat layanan telepon 123.

Untuk para pelanggan yang lebih nyaman menggunakan sosial media dapat mengakses ke Facebook PLN di akun PLN 123. Keluhan dapat diberikan lewat pesan messenger mau pun nomor telepon yang dicantumkan.

Bagi pengguna Twitter dapat mengirim pesan (DM) ke @pln_123. Pelanggan kemudian akan diarahkan kepada petugas PLN di wilayah bermukim pelanggan.

BACA JUGA:Mau Pinjol Rp15.000.000 di JULO Resmi OJK? Cukup Pakai KTP, Begini Cara Ajukannya

General Manager PLN UID Jakarta Raya Ikhsan Asaad menambahkan, dalam penanganan keluhan masyarakat biasanya customer service officer (CSO) akan menjelaskan penyebab kenaikan rekening listrik. Namun jika pelanggan masih tak puas, petugas PLN akan menyambangi kediaman pelanggan.

Rata-rata, katanya, keluhan yang masuk dapat diselesaikan dalam satu hari kerja. “Jika diperlukan untuk pemeriksaan kWh meter, bisa dijadwalkan hari itu juga atau sesuai dengan kesempatan pelanggan," ungkapnya. 

Bila ternyata ada kekeliruan penghitungan tagihan, perseroan akan mengganti kelebihan bayar sebagai pengurang tagihan listrik pada bulan berikutnya.

Kategori :