Harganya memang Lebih Mahal, tapi Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Jumat 10-11-2023,09:09 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Virgin olive oil terbukti memiliki sifat antioksidan sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kadar kolesterol dalam darah. Rendahnya kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

BACA JUGA:Yang Suka Konsumsi Miras Segera Tobat, Ini Efek Samping Jangka Panjang Minuman Beralkohol

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Minyak zaitun disarankan untuk digunakan mengolah makanan. Ini karena konsumsi minyak zaitun bisa meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan kuat dalam minyak zaitun memiliki tindakan antiinflamasi yang bisa juga mengurangi kerusakan DNA.

3. Memelihara Fungsi Otak dan Menghindari Penyakit Alzheimer

Manfaat lain minyak zaitun adalah menjaga kesehatan dan fungsi otak. Kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun disebut bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke, demensia, dan alzheimer. Selain itu, mengonsumsi extra virgin olive oil juga bermanfaat untuk melindungi memori dan kemampuan belajar serta mengurangi pembentukan protein yang menumpuk di otak.

BACA JUGA:Lowongan Kerja di BRI Tinggal Beberapa Hari Lagi, Segera Daftar, Ini Syaratnya

4. Melembabkan Wajah

Minyak zaitun disebut mampu melembabkan wajah. Kulit yang rutin dioleskan minyak zaitun pada malam hari dipercaya akan terasa lebih segar dan terhidrasi karena minyak menyerap pada kulit.

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat minyak zaitun buat kulit lainnya adalah memudarkan bekas jerawat. Caranya cukup pijat minyak zaitun ke wajah dengan lembut untuk mengatasi hiperpigmentasi, yakni kondisi kulit menjadi gelap karena bekas jerawat.

Manfaat minyak zaitun satu ini disebut berasal dari efek vitamin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Zat-zat tersebut dipercaya mampu membantu sel-sel kulit untuk beregenerasi. Anda juga bisa mencampur minyak zaitun dengan beberapa tetes air perasan lemon.

6. Mengatasi Sembelit

Pola makan kurang sehat, seperti jarang minum air atau kurang mengonsumsi makanan berserat disebut sebagai penyebab sembelit. Selain mengonsumsi serat dari buah dan sayuran, sembelit juga bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak zaitun.

Lemak dalam minyak zaitun dipercaya mampu membantu menghaluskan bagian dalam usus dan memudahkan buang air besar. Caranya, minum satu sendok makan minyak zaitun saat perut kosong di pagi hari.

Kategori :