Harganya memang Lebih Mahal, tapi Ini Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Jumat 10-11-2023,09:09 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Seperti namanya, refined olive oil berarti minyak zaitun yang mengalami proses pemurnian atau penyulingan. Jadi, minyak zaitun jenis ini dipanaskan dan ditambahkan zat kimia dalam proses ekstraksinya sehingga tidak memiliki rasa dan aroma khas seperti versi unrefined.

BACA JUGA:Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Makanan yang Dibakar, Bisa Memicu Kanker

Selain itu, teksturnya lebih ringan dengan titik didih yang tinggi. Warnanya kuning dan bening, sama seperti minyak goreng pada umumnya. Anda bisa menambahkan refined olive oil untuk memasak dengan suhu tinggi, seperti membakar, menggoreng, memanggang, dan menumis.

 

Kandungan Nutrisi Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang tinggi. Meski begitu, lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Berikut kandungan nutrisi dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun:

13,5-14 gram lemak

0,1 miligram kalsium

0,1 miligram kalium

0,3 miligram natrium

1,9 miligram vitamin E

8 mikrogram vitamin K

 

Manfaat Minyak Zaitun Buat Kulit dan Kesehatan Tubuh

Manfaat minyak zaitun buat kulit, kesehatan tubuh, dan wajah berasal dari kandungan vitamin yang ada di dalamnya, seperti vitamin A, D, E, serta K. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kategori :