Tanaman Obat dan Bumbu Dapur ini Bisa Untuk Meredahkan Batuk Loh, Asli Herbal Non Kimia

Jumat 10-11-2023,02:09 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Yang Suka Konsumsi Miras Segera Tobat, Ini Efek Samping Jangka Panjang Minuman Beralkohol

Selain mencoba obat batuk alami di atas, kamu bisa melakukan tips berikut untuk mempercepat penyembuhan:

1. Minum obat ekspektoran

Obat ekspektoran mudah kamu dapatkan karena dijual bebas.Ekspektoran  mengandung guaifenesin yang mengencerkan sekresi pernapasan di saluran udara.

2. Cari obat pereda batuk

Untuk meredakan batuk kering dan batuk sementara, cobalah minum obat batuk yang mengandung dextromethorphan. Nah, jenis obat ini efektif menghambat refleks batuk.

Namun, jangan berikan obat batuk kepada anak di bawah empat tahun. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), untuk anak berusia 4-6 tahun, hanya gunakan obat batuk jika mendapatkan saran dari dokter anak.

3. Cukupi kebutuhan tidur

Kamu juga harus mencukupi kebutuhan tidur selama 7–9 jam setiap malam. Pasalnya, tubuh membutuhkan waktu untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, imun bisa lebih efektif membunuh virus atau bakteri penyebab batuk. 

4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat dengan gizi seimbang. Salah satu vitamin yang perlu kamu penuhi selama batuk adalah vitamin C. 

Selain itu, hindari berbagai makanan yang pedas untuk menurunkan batuk semakin memburuk.Itulah berbagai hal yang bisa membantu kamu menurunkan batuk. Pastikan mengonsumsi obat batuk sesuai dengan arahan dokter. 

(Tim)

Kategori :