Meski Rasanya Pahit, Akar Brotowali Miliki Manfaat Baik Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Gula Darah

Rabu 15-11-2023,10:41 WIB
Reporter : Tim

- Memelihara kesehatan tulang

Brotowali mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan sendi. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung beragam zat antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit osteoporosis dan osteoartritis.

BACA JUGA:Rasanya Manis dan Segar, Ini Manfaat Lain Buah Semangka untuk Kecantikan dan Kesehatan

Namun, selain mengonsumsi brotowali, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, mencukupi asupan vitamin D, dan rutin berolahraga, guna menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

- Mendukung kesehatan dan fungsi hati

Brotowali juga diklaim bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan fungsi hati. Manfaat tersebut diduga berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang terdapat di dalam brotowali.

Meski demikian, manfaat brotowali ini hanya dapat digunakan oleh orang yang sehat. Pada orang yang memiliki penyakit hati atau gangguan fungsi hati, konsumsi brotowali justru berisiko menimbulkan kerusakan hati yang semakin parah.

Oleh karena itu, para penderita penyakit hati sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi brotowali sebagai jamu atau obat herbal.

BACA JUGA:Bagi yang Suka Jus Semangka, Berikut Segudang Manfaatnya, Termasuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

- Menghambat pertumbuhan sel kanker

Brotowali memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.  Beberapa riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak brotowali dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada studi yang menyebutkan bahwa brotowali aman dan efektif digunakan sebagai obat antikanker.

BACA JUGA:Ragam Kebaikan Daun Pandan, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri Sendi Juga

Brotowali memang dikenal sebagai tanaman herbal yang baik untuk kesehatan. Namun, berbagai klaim manfaat brotowali di atas masih perlu diteliti lebih lanjut karena efektivitas dan efek samping brotowali sebagai pengobatan masih belum diketahui dengan jelas.

Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan brotowali, apabila sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini karena brotowali berpotensi menimbulkan efek interaksi obat.

Demikianlah manfaat dari tanaman brotowali yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. 

Kategori :