11 Cara Menyembuhkan Luka Batin , Salah Satunya Self Healing dan Berdamai Dengan Diri Sendiri

Sabtu 18-11-2023,02:33 WIB
Reporter : Tim Liputan
Editor : Agus Faizar

3. Berdialog Bersama Diri Sendiri

Kadang kamu perlu jujur dengan diri sendiri untuk mengungkapkan hal-hal yang selama ini masih tersembunyi dalam diri kamu.

Kamu bisa berdialog dengan diri sendiri ketika berkendara atau berada didepan cermin, kamu bisa melakukannya dengan berterima kasih atas segala pencapaian kamu hingga hari tersebut, kamu masih bisa bertahan dan melewati semuanya juga merupakan pencapaian yang luar biasa.

Kamu juga bisa memaafkan diri atas segala kesalahan dan penyesalan  yang pernah terjadi dalam hidup kamu dan mulai berjalan maju saat kamu telah siap.

BACA JUGA:Tersenyum Tapi Tak Lepas, Mungkin Kamu Mengalami Luka Batin, Coba Kenali Tandanya

4. Menerima Keadaan dan Kondisi

Kadang akan sampai titik dimana akan sangat sulit menerima kondisi dan keadaan diri, begitu sulitnya hingga pikiranmu akan dipenuhi dengan pikiran negatif dan rasa gagal atau penyesalan.

Merasa sedih dan kecewa akan keadaan dan kondisi diri merupakan hal yang wajar, namun jangan sampai hal tersebut menghentikan langkahmu bahkan membuat kamu merasa tidak berharga atau tidak berarti, kamu harus memaafkan dan menerima kondisi diri.

BACA JUGA:Efek Mother wound, Peranan Bunda Sangat Vital Agar Anak Tak Mengalami Luka Batin

5. Berikan Ruang Untuk Diri Sendiri

Memberikan ruang pada diri sendiri bertujuan untuk memberikan ketenangan dan pengenalan akan diri sendiri lebih dalam, dalam waktu-waktu tertentu kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu senangi seorang diri.

Dengan cara tersebut kamu dapat melupakan pikiran negatif dan merenungi sejenak sudah sejauh apa perjalanan yang kamu lewati, pikirkan hal-hal yang menyenangkan dan sadari bahwa kamu begitu berharga dan pantas untuk bahagia.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Alami Trust Issue Alias Tak Percaya Orang Lain, Begini Cara Mengatasinya

6. Buat Jarak Fisik Sendiri

Bila kamu merasa terganggu dalam situasi tertentu atau merasa lingkungan kamu kurang mendukung proses self healing, maka tidak masalah bila kamu membuat jarak fisik sejenak.

Kamu bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membuat kamu semakin kesal atau kecewa pada diri sendiri, setelah kamu merasa lebih baik, kamu bisa perlahan kembali mendekatkan diri.

Kategori :