Gejala Fisik jika Terjangkit Penyakit Ain, Mulai dari Tekanan Darah hingga Lumpuh

Selasa 21-11-2023,09:42 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Wajib Tahu, Ini Jurusan Kuliah Tersantuy Paling Cocok Untuk Kaum Rebahan

 

Tanda Terjangkit Penyakit Ain

Menurut Al Hakeem, banyak orang merasa bahwa mereka terkena penyakit ain ketika diterpa suatu musibah. Sebagai contoh, orang tua menganggap anaknya gagal ujian atau jatuh sakit akibat penyakit ain. Namun, lanjut Syekh Al Hakeem, sekitar 95 persen dari musibah-musibah tersebut sebenarnya tak berkaitan dengan penyakit ain.

"Kita menyalahkan mata jahat atas semua hal yang terjadi, (sesungguhnya) tidak sampai sejauh itu. Tapi, benar bahwa ain itu adalah nyata," kata Syekh Al Hakeem.

Untuk mengetahui apakah diri sendiri terkena penyakit ain atau tidak, sebenarnya tak ada petunjuk yang benar-benar pasti. Namun, Syekh Al Hakeem menjelaskan bahwa biasanya penyakit ain datang dalam bentuk keluhan kesehatan. 

"Ketika seseorang tiba-tiba mengalami migrain, sakit perut, atau demam, dan dokter menyatakan tidak ada yang salah pada dirinya, kemungkinan ini (penyakit) ain," ujar Syekh Al Hakeem.

Selain itu, penyakit ain juga dapat memunculkan beberapa tanda lain. Sebagai contoh, tiba-tiba banyak berkeringat, mengalami mimpi yang sangat buruk, atau merasa tidak enak badan ketika membaca dan mendengarkan Alquran.

"Ini juga bisa menjadi gejala (penyakit ain), Allah Maha Tahu yang terbaik," ujar Syekh Al Hakeem.

BACA JUGA:Kartu KIS Syarat Dapat Bansos, Begini Cara Mengurus Kartu jika Hilang

Doa agar Terhindar dari Penyakit Ain

Berkaitan dengan itu, ada doa agar terhindar dari penyakit ain. Dalam Kitab Al-Adzkar susunan Imam Nawawi dijelaskan terkait hadits riwayat Ibnu Abbas yang berisi doa tersebut, dahulu Nabi SAW sering memohon perlindungan bagi cucunya Hasan dan Husain dari penyakit ain.

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Arab latin: U'iidzuka bikalimatillahit taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wa min kulli 'ainin laammatin

Artinya: "Aku memohon perlindungan kepada Allah untuk kamu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari semua setan dan binatang yang berbahaya serta dari ain yang mencela," (HR Bukhari)

Selain bacaan doa di atas, ada sejumlah cara lain untuk mencegah penyakit ain. Apa saja? Berikut bahasannya yang dinukil dari buku Hishnul Muslim min Adzkaaril Kitab was Sunnah susunan Syaikh Said bin Ali bin Wahf Al-Qahthani.

Kategori :