Cuci Muka Pakai Air Kelapa, Ini 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan Kulit Wajah, Siapa Sangka...

Minggu 24-12-2023,23:04 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

4. Mencerahkan kulit 

Manfaat air kelapa muda untuk wajah lainnya adalah mencerahkan kulit. Ini merupakan efek dari hidrasi kulit yang cukup. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan memberikan tampilan yang segar, bersih, dan lebih bercahaya. 

Selain itu, kandungan vitamin C dalam air kelapa juga membantu pergantian sel. Ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kusam sehingga kulit tampak lebih cerah. 

BACA JUGA:Bagi Pemilik Riwayat Sakit Ini Dilarang Keras Mengonsumsi Air Kelapa Muda, Bukan Sehat Malah Masuk Rumah Sakit

5. Mengatasi kulit kering dan sensitif 

Selain menghidrasi kulit, kandungan gula dan asam amino dalam air kelapa juga membantu menyehatkan dan melembapkan kulit kering ketika dioleskan. 

Tak hanya itu, mengoleskan air kelapa langsung ke kulit juga baik untuk kulit sensitif. Ini berasal dari kandungan elektrolit tinggi yang bersifat menenangkan saat dioleskan ke kulit. 

6. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat air kelapa muda untuk wajah adalah membantu mengatasi jerawat. Ini berasal dari kandungan antimikroba di dalamnya. 

Penelitian dalam JISPCD menyatakan bahwa sifat antimikroba dalam air kelapa berpotensi membantu mengatasi jerawat. Bukti mengenai hal ini sebenarnya masih kurang kuat. Namun, air kelapa dianggap mampu membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat jika dikombinasikan dengan bahan lain, seperti kunyit.

BACA JUGA:Manfaat Rutin Mengonsumsi Air Kelapa Muda dan Khasiat Akar Kelapa untuk Kaum Pria

7. Mengatasi infeksi kulit  

Selain berpotensi mengatasi jerawat, sifat antimikroba dalam air kelapa muda juga diketahui mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. 

Beberapa penelitian terdahulu dalam International Journal of Molecular Sciences menyatakan bahwa sifat antimikroba dalam kelapa matang yang diekstraksi menjadi minyak kelapa mampu menunjukkan aktivitas bakterisida, antivirus, dan antijamur. 

Cara menggunakan air kelapa untuk wajah

Meski beberapa ahli menyatakan minum air kelapa lebih manjur dalam memberikan manfaat kesehatan, tidak ada salahnya Anda menjadikan air kelapa langsung ke wajah sebagai bagian dari skincare routine. 

Kategori :