Zebra ini merupakan salah satu mobil Daihatsu rakitan Indonesia pertama yang diekspor dengan tujuan ekspor ke Malaysia dan Vietnam.
BACA JUGA:Honda RS-X Repsol Edition 2024 Mulai Masuk Pasaran, Simak Simulasi Kredit dan Spesifikasinya
Jika sebelumnya Daihatsu hanya menjual versi pikapnya, mulai generadi ini Daihatsu mulai memperkenalkan versi minibusnya yang bodinya dibuat oleh karoseri Astrea yang sebenarnya berada dibawah kendali Astra Daihatsu.
BACA JUGA:Ciptakan Getaran Baru Pasar Otomotif, Ini Review Spesifikasi dan Simulasi Kredit Pajero Sport 2024
Model Zebra Astrea ini mengikuti versi jdm (Daihatsu Atrai) dengan menyesuaikan panjang mobilnya. Secara fitur, inilah karoseri Hijet Zebra paling canggih karena sudah memakai teknologi full pressed body, sliding door walau hanya sisi kiri dan pintu belakang model hatchback.
BACA JUGA:Ciptakan Getaran Baru Pasar Otomotif, Ini Review Spesifikasi dan Simulasi Kredit Pajero Sport 2024
Zebra 1.3 S90 & S91
Pada tahun 1990, Daihatsu memperkenalkan pengganti Hijet Zebra dengan nama Daihatsu Zebra. Secara bodi, tidak ada perubahan antara Hijet Zebra yang memiliki kode S89 dengan Zebra yang memiliki kode S90.
Perbedaan paling mencolok ada pada mesinnya dimana mobil ini memakai mesin Daihatsu HC dengan konfigurasi 4 silinder 1300cc SOHC 16 valve karburator dan menjadi minibus/pikap pertama di Indonesia yang memakai mesin 16 valve.
BACA JUGA:Cek Simulasi Kredit Honda Genio 2024 dan Perhatikan 7 Faktor Pengajuan Kredit Agar Di ACC
Daihatsu Zebra minibus Indonesia
Model yang ditawarkan masih sama dengan pickup standard deck dan minibus yang dibuat oleh Astrea (karoseri resmi Daihatsu) maupun karoseri lokal lainnya. Selain itu, ada pula varian D130 Jumbo yang memiliki ukuran bak belakang lebih besar dan lebar. Varian jumbo ini memiliki kode S91 dan dijual bersamaan dengan varian standar.
BACA JUGA:Stylish dan Terjangkau, Ini Simulasi Kredit Honda Scoopy Terbaru 2024 Cocok untuk Kaum Muda
Zebra Espass S90 & S91
Memasuki tahun 1995, Daihatsu membuat gebrakan dengan menghadirkan Daihatsu Zebra Espass dengan tampilan baru. Moncong depannya dibuat monyong agar aerodinamis sekaligus memperpanjang ruang kaki pengemudi dan penumpang depan agar mendapat rasa berkendara ala sedan.
Perlu diketahui bahwa jaman 90an dulu mobil minibus seperti Zebra tidak ada yang menawarkan kenyamanan. Hampir semua mobil minibus lebih mementingkan reliabilitas dan kapasitas muatnya saja tidak seperti MPV jaman sekarang yang juga mementingkan aspek kemanan dan kenyamanan.