7 Cara Membuat Gorengan Renyah dan Garing untuk Takjil Ramadhan, Dijamin Keluarga Ketagihan

Rabu 13-03-2024,10:30 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Jangan hanya karena mementingkan rasa, kamu sampai lupa untuk memperhatikan kesehatanmu. Nah, supaya gorengan lebih sehat untuk dikonsumsi, simak tips berikut ini.

1. Pilih Bahan yang Segar dan Berkualitas

Memilih bahan makanan yang segar merupakan kunci utama untuk membuat gorengan yang sehat dan nikmat.

Misalnya saat ingin membuat ayam goreng, pilih ayam yang saat ditekan, dagingnya akan kembali ke bentuk semula (masih liat atau ditekan bingkas). 

BACA JUGA:Agar Gak Kambuh, Ini Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Maag saat Buka Puasa

Ini menandakan bahwa ayam tersebut masih segar. Pastikan sebelum diolah, kamu mencuci bersih terlebih dahulu agar bakteri yang menempel dapat hilang.

Selain itu, jika ingin membuat gorengan dengan menggunakan tepung, kamu dapat menggunakan tepung beras atau tepung jagung, karena tidak dapat menyerap banyak minyak sehingga lebih renyah dan sehat.

2. Pilih Alat yang Tepat

Kalau hasil gorengan kamu matang di luar dan masih mentah di bagian dalam, bisa dikarenakan penggunaan alat yang salah.

Untuk itu, kamu bisa gunakan alat deep fryer agar gorengan terendam sempurna dengan minyak banyak, sehingga tingkat kematangan dapat merata. 

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa Ramadhan, Salah Satunya Menggunakan Metode 242

Jika kamu tidak memiliki alat deep fryer, kamu bisa gunakan panci atau wajan dengan permukaan dasar yang datar dan tinggi (dalam). Jangan lupa untuk siapkan food tong atau capitan untuk membalik gorengan dan saringan untuk meniriskan, ya.

3. Jangan Gunakan Minyak Berulang Kali

Kamu pasti ada sering menggunakan minyak lebih dari satu kali. Meskipun uang belanja lebih hemat, namun minyak yang dipanaskan berkali-kali dapat membuat berkurangnya nutrisi pada makanan dan menimbulkan penyakit.

Untuk itu, kamu hanya perlu menggunakan minyak satu kali pakai saja. Jika terpaksa, kamu bisa menggunakannya maksimal dua kali.

Pastikan minyak sisa menggoreng didinginkan terlebih dahulu, kemudian disaring menggunakan kain tipis agar partikel makanan dalam minyak tidak tercampur. 

Kategori :