7 Cara Membuat Gorengan Renyah dan Garing untuk Takjil Ramadhan, Dijamin Keluarga Ketagihan

Rabu 13-03-2024,10:30 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

4. Samakan Ukuran Bahan yang Ingin Digoreng

Pastikan ukuran bahan dalam resep gorengan renyah sama agar kematangan gorengan bisa rata.

Jangan sampai gorengan hanya renyah pada bagian luar namun dalamnya belum benar-benar matang karena potongannya yang terlalu tebal. Beberapa gorengan mungkin sudah garing namun beberapa belum matang benar.

5. Perhatikan Suhu Minyak

Suhu yang tepat untuk menggoreng yaitu 170-200°C jadi pastikan untuk memanaskan minyak sebelum menggoreng. Untuk memeriksa apakah minyak sudah cukup panas untuk menggoreng, ada dua trik yang bisa kamu coba.

Pertama, jika muncul gelembung ketika mencelupkan sumpit kayu ke dalam minyak, itu artinya minyak sudah siap digunakan untuk menggoreng.

BACA JUGA:Pinjaman KUR Mandiri Rp 50 Juta Angsurannya Berapa? Ini Tabel Simulasi Cicilannya

Kedua, jika adonan sudah tenggelam sampai tengah kemudian naik ke permukaan minyak maka minyak sudah cukup panas. 

Jika adonan tenggelam sampai dasar maka itu artinya minyak kurang panas. Sedangkan jika adonan baru tenggelam sedikit kemudian langsung naik lagi ke permukaan maka minyak sudah terlalu panas.

6. Goreng Langsung

Jangan sampai adonan menggumpal karena sudah dibiarkan terlalu lama. Adonan yang menggumpal akan menjadi terlalu tebal untuk digoreng dan akhirnya bisa menyerap minyak yang berlebihan dan menjadi tidak terlalu garing.

7. Tiriskan Gorengan Sampai Minyak Sampai Kering

Meniriskan gorengan memang membutuhkan banyak waktu tapi pastikan kamu untuk menunggu sampai gorengan kering karena ketika gorengan belum kering, minyak yang tersisa bisa membuat gorengan basah dan cepat melempem. 

BACA JUGA:Masakan Favorit Keluarga, Ini Resep Chinese Food yang Menggugah Selera saat Berbuka Puasa

Untuk mempercepat prosesnya, kamu bisa menggunakan kertas tisu sebagai alas ketika gorengan sedang didinginkan.

Namun, tahukah kamu bahwa kandungan nutrisi dari gorengan itu bisa berkurang, bahkan menimbulkan penyakit jika cara memasaknya salah.

Kategori :