Dapatkan Tubuh Lebih Sehat, Ini Resep Menurunkan Kolestrol dari dr Zaidul Akbar, Ketahui juga Penyebabnya

Kamis 25-04-2024,13:46 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

BACA JUGA:Peternak Burung Pemula Wajib Merapat! Simak Cara agar Burung Merpati Cepat Bertelur

4. Kebiasaan minum alkohol

Selain karena kandungan gulanya yang memang cukup tinggi, minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi karena menghambat kinerja hati. Sebab, sebagian besar kolesterol dalam tubuh akan dipecah di hati.

Proses pemecahan alkohol di dalam hati akan menghasilkan kolesterol dan trigliserida. Selain itu, kinerja hati juga akan menurun karena proses pemecahan alkohol memakan waktu yang tidak singkat.

Dengan keadaan tersebut, kadar kolesterol akan dengan mudah naik saat Anda terlalu banyak minum alkohol.

Kolesterol yang menumpuk di dalam hati dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga stroke.

5. Malas bergerak

Penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah malas bergerak atau juga dikenal dengan mager. Saat tubuh Anda kurang bergerak, lemak akan terus mengendap di dalam tubuh dan memicu beragam masalah kesehatan, salah satunya obesitas.

Oleh karena itu, penting untuk membiasakan berolahraga. Dengan olahraga, lemak jahat yang menumpuk akan terbakar menjadi keringat, urine, dan karbon dioksida. Selain itu, olahraga juga akan membantu memecah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik.

BACA JUGA:8 Jenis Tanaman Pembawa Rezeki? Simak Penjelasannya Menurut Primbon Jawa

6. Berat badan berlebih

Salah satu tanda penumpukan lemak di dalam tubuh adalah berat badan yang berlebih. Kondisi ini juga kerap disertai dengan kenaikan kadar kolesterol.

Tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol, memiliki berat badan berlebih juga meningkatkan risiko sejumlah penyakit, dari penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga gagal jantung.

Kondisi ini akan semakin parah jika seseorang yang memiliki berat badan berlebih jarang berolahraga, sering makan makanan berlemak, dan kurang tidur.

Demikian ulasan mengenai resep menurunkan kolestrol dari dr Zaidul Akbar serta juga penyebabnya. Semoga bermanfaat.

 

Kategori :