Macam-macam Mukjizat Alquran dan 7 Peristiwa dalam Alquran yang Terbukti Nyata Secara Ilmiah

Kamis 25-04-2024,17:34 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Secara bahasa, mukjizat berasal dari kata "mukjiz", yang mengandung makna sesuatu yang mampu mengalahkan atau melemahkan.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Membagikan Daging Kurban Sudah Dimasak, Sah atau Tidak?

Dalam konteks agama, mukjizat didefinisikan sebagai peristiwa luar biasa yang ditampilkan Allah melalui para Nabi dan Rasul-Nya untuk memperkuat kebenaran ajaran kenabian atau kerasulan mereka.

Al-Qur'an sendiri menyebutkan berbagai mukjizat yang diberikan Allah kepada para Nabi-Nya.

Mukjizat Al-Qur'an dapat dijelaskan sebagai keistimewaan yang terdapat di dalam Al-Qur'an sebagai bukti kebenaran. Namun, bukti-bukti kebenaran dari luar Al-Qur'an tidak termasuk dalam mukjizat Al-Qur'an.

BACA JUGA:Ingin Berkurban di Tahun Ini? Cek Ciri-ciri Sapi dan Kambing yang Layak untuk Dikurbankan

Ada beberapa macam mukjizat Al-Qur'an yang dijelaskan oleh Hamka dalam bukunya Tafsir Al Azhar:

1. Mukjizat Al-Qur'an dalam menjelaskan proses terjadinya bumi, langit, bulan, bintang, matahari, serta proses turunnya hujan dan pengaruhnya terhadap kesuburan tanah.

2. Al-Qur'an memberikan berita tentang masa lalu, seperti Tasmud, Kaum Luth, dan peristiwa-peristiwa sejarah lainnya, yang semuanya diakui kebenarannya oleh para ahli sejarah.

3. Mukjizat Al-Qur'an dalam kefasihan dan keindahan bahasanya. Al-Qur'an memiliki susunan kata, irama, dan gaya bahasa yang sangat tinggi, tidak hanya sebagai syair atau prosa biasa.

4. Al-Qur'an memberitakan berbagai peristiwa yang akan terjadi di masa depan, yang membuktikan kebenaran dan ketepatan wahyu yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA:Begini Hukum Arisan Kurban! Cek juga Larangan Bagi Orang yang akan Berkurban

Selain mukjizat di atas adapun 7 peristiwa dalam Alquran yang Terbukti Nyata Secara Ilmiah, berikut rangkumannya:

1. Segala Sesuatu Diciptakan Berpasang-pasangan

Orang muslim pasti pernah mendengar arti dari surat QS Adz-Zaariyat ayat 49: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.”

Menurut ayat ini, Allah telah menciptakan segala sesuatunya secara berpasangan, termasuk berbagai partikel yang ada di bumi.

Kategori :