Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan Secara Alami dan Ini 6 Penyebab Kesemutan

Minggu 12-05-2024,18:33 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Cara mengolah Daun Kopi untuk Menurunkan Kolestrol, Wajib Dicoba

2. Neuritis

Neuritis atau peradangan saraf dapat menyebabkan kesemutan. Penyebabnya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan atau sindrom Guillain-Barre. 

Konsumsi alkohol berlebihan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada saraf. Sindrom Guillain-Barre adalah kondisi autoimun yang terjadi ketika saraf tubuh diserang oleh sistem imun orang itu sendiri.

BACA JUGA:5 Manfaat Rebusan Daun Kopi untuk Masalah Kesehatan Hingga Kecantikan

3. Neuropati

Kesemutan juga dapat disebabkan oleh penyakit saraf atau neuropati. Kondisi ini ditandai dengan kurangnya informasi sensorik pada otak karena ada kerusakan sistem saraf sensorik. 

Dua pertiga dari penderita diabetes mengalami gangguan saraf ringan hingga parah. Karenanya, penderita diabetes sangat mungkin untuk mengalami kesemutan di bagian tubuh tertentu. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai neuropati diabetik.

BACA JUGA:Ini Manfaat Rebusan Daun Binahong untuk Pria, Auto Percaya Diri di Ranjang

Kesemutan yang terjadi akibat diabetes biasanya dimulai dari bagian telapak kaki, yang kemudian menjalar hingga kaki bagian atas. Keluhan umumnya akan berlanjut menjadi kesemutan di bagian telapak tangan, lalu menjalar hingga ke lengan.

BACA JUGA:Wajib Dicoba, Begini Cara Mengolah Daun Pandan agar Mendapat Khasiatnya untuk Kesehatan

4. Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya, orang tersebut dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah stroke, yang bisa memunculkan gejala kesemutan. 

Pada stroke, kesemutan biasanya terjadi hanya di satu sisi tubuh, disertai dengan tubuh lumpuh sebelah, berbicara pelo, pandangan kabur, dan kehilangan keseimbangan. 

BACA JUGA:Auto Kuat! Ini 5 Manfaat Daun Kelor untuk Tingkatkan Vitalitas Pria

5. Kekurangan Vitamin

Kategori :