7 Penyebab Pinjol Ditolak Meski Belum Pernah Ajukan, Ini Tips Mengatasi agar Disetujui

Jumat 17-05-2024,12:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

Masih seputar verifikasi data, item lain yang juga sering memicu gagalnya pengajuan adalah dokumen yang tidak jelas. 

Meskipun formulir telah dilengkapi dengan baik, namun dokumen yang tidak jelas akan menyulitkan sistem dalam melakukan verifikasi.

Biasanya, masalah dipicu oleh hasil pemindaian (scan) atau foto dokumen seperti KTP dan lainnya yang buram, tidak presisi dan sebagainya.

Verifikasi dokumen semacam ini sering kali dilakukan melalui otomasi sistem komputer. Artinya, sebuah kesalahan kecil pun bisa membuatnya tidak dapat membaca data sebagaimana mestinya. 

Ini karena sistem telah diprogram sedemikian rupa dan tidak dapat mentolerir kesalahan kecil yang mungkin dianggap sepele oleh manusia.

BACA JUGA:Kemudahan Internet Tanpa Kabel dengan Jangkauan Luas, Ini Kelebihan dan Kekurangan Internet Starlink

7. Tidak Mengizinkan Akses ke HP

Biasanya, aplikasi pinjaman online akan meminta akses ke perangkat HP Anda. Umumnya mereka akan mengakses kontak yang akan diteror jika pinjaman tidak dibayarkan.

Memang Anda sebaiknya mengamankan kontak HP dari aplikasi pinjaman online, tapi mereka biasanya tidak akan memberikan kredit jika Anda tidak mengizinkan akses ke smartphone.

Trik agar Pengajuan Pinjaman Online Disetujui

Pada dasarnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar seseorang menjadi lebih mudah dalam mengajukan pinjaman online. Nah, apabila Anda juga berencana untuk mengajukan pinjaman online, berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan:

1. Pelajari syarat dan ketentuan

Hal pertama yang harus selalu diingat adalah ada syarat pinjaman online yang ditetapkan oleh perusahaan penyedia kredit.

Selain untuk melindungi diri Anda sendiri dan penyedia layanan, dokumen syarat dan ketentuan ini juga bisa memuat berbagai poin yang mempengaruhi berhasil tidaknya pengajuan pinjaman. 

Jadi, meskipun Anda terdesak, sempatkan untuk mempelajari syarat dan ketentuan layanan pinjaman online pilihan Anda.

2. Sesuaikan nominal pinjaman tidak melampaui limit  

Kategori :