10 Daerah dengan UMR Tertinggi 2024, Ini Alasan dan Faktor Gaji UMR Setiap Daerah Berbeda

Senin 27-05-2024,16:19 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Oleh karena itu, UMR merupakan upah minimum yang ditetapkan oleh pengusaha untuk buruh/pekerja berdasarkan kondisi setempat.

Penetapan UMR bertujuan untuk memastikan bahwa para pekerja menerima upah yang adil. UMR ditetapkan oleh pemimpin daerah dan terdiri dari UMP dan UMK. 

Menurut Peraturan Pengupahan, UMK harus lebih besar dari UMP, dan upah minimum ini hanya berlaku untuk karyawan dengan masa kerja kurang dari satu tahun.

BACA JUGA:Mantap! Ini Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Bikin Ngiler

Alasan Mengapa UMR Tiap Daerah Berbeda-beda

Penentuan Upah Minimum Regional (UMR) melibatkan berbagai faktor dan pertimbangan yang dapat bervariasi di setiap daerah. 

UMR merupakan nilai gaji terendah yang harus dipenuhi oleh perusahaan kepada karyawan agar mereka dapat hidup dengan nyaman di wilayah tersebut. 

Tujuan utama dari penetapan UMR adalah untuk memastikan bahwa karyawan menerima upah yang adil, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan daya beli mereka.

BACA JUGA:Mantap! Ini Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Bikin Ngiler

Besaran UMR dipengaruhi oleh faktor seperti keragaman perusahaan, jumlah pekerja, nilai tambah yang dihasilkan, dan kemampuan perusahaan dalam membayar upah. Perhitungan UMR dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan dan peraturan yang berlaku di setiap daerah. 

BACA JUGA:Disutradarai Anggy Umbara, Film Vina Sebelum 7 Hari Tembus 5 Juta Penonton, Segini Penghasilanya

Faktor seperti inflasi dan pertumbuhan ekonomi dapat menjadi pertimbangan dalam perhitungan UMR. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini mengenai peraturan dan penetapan UMR, disarankan untuk merujuk pada sumber resmi seperti Kementerian Ketenagakerjaan atau Badan Pusat Statistik.

BACA JUGA:Disutradarai Anggy Umbara, Film Vina Sebelum 7 Hari Tembus 5 Juta Penonton, Segini Penghasilanya

Faktor Eksternal

1. Kebijakan Pemerintah 

Pemerintah pusat dan daerah menetapkan kenaikan upah minimum setiap tahunnya. Kebijakan ini berguna sebagai patokan bagi karyawan Anda untuk memastikan bahwa upah yang diterima sudah sesuai. 

Kategori :