Begini Asal Usul Suku Wajak, Suku Tertua yang Mendiami Indonesia

Rabu 29-05-2024,19:29 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Sementara itu, selain suku Wajak yang telah ada sejak zaman Purba, adapun berikut ini beberapa suku tertua lainnya yang ada di Indonesia, berikut ini di antaranya:

1. Suku Kerinci

Suku kerinci ini mendiami di pulau Sumatera terutama di dataran tinggi Jambi. Asal-usul suku ini juga dikenal sebagai Melayu Tua yang bermigrasi sekitar 400 sebelum masehi, dan melebur menjadi Suku Kerinci di Indonesia.

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan di Bengkulu hingga Terbentuknya Aksara Suku Rejang, Ada Sejak Kapan?

2. Suku Gayo

Suku Gayo tinggal di dataran tinggi Gayo yang berada di wilayah tengah Provinsi Aceh. Suku Gayo diperkirakan berasal dari India dan mulai datang ke Tanoh Gayo sekitar 2000 tahun sebelum Masehi.

BACA JUGA:Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Bumi Rafflesia yang Punya Tradisi Unik

3. Suku Mentawai

Suku Mentawai mendiami pulau Mentawai di barat pulau Sumatera, Kabupaten Mentawai termasuk dalam Provinsi Sumatera Barat. Diketahui dan diyakini para peneliti bahwa nenek moyang suku mentawai sudah mendiami kepulauan di barat Sumatera sejak 500 SM.

BACA JUGA:Masih Diperdebatkan, Begini Sejarah Asal Suku Batak, Pertama kali Mendiami Danau Toba

4. Suku Dani

Suku Dani adalah suku asli yang ada di Papua, mereka menempati lembah Baliem, Pegunungan Tengah, Jayawijaya, dan beberapa daerah Puncak Jaya. Suku Dani sendiri meyakini mereka berasal dari sepasang suami istri yang tinggal di danau di sebuah desa bernama Maina di lembah Baliem.

BACA JUGA:Di Suku Ini Pria Tidak Dihargai, Anak Gadis Boleh Mengundang Teman Prianya ke Kamar Sampai Pagi

5. Suku Jawa

Suku Jawa adalah suku mayoritas dengan jumlah penduduk 40,45 % dari seluruh total jumlah penduduk. Berdasarkan hasil penelitian arkeolog, Suku Jawa termasuk suku tertua dan pribumi.

BACA JUGA:Mungkinkah di Hutan Ini Tempat Suku Mante Aceh Tinggal? Ada Banyak Kesamaan Ciri Lokasinya

Kategori :