Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Jumat 31-05-2024,17:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

4. Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Tambang emas bernama Tambang Onto berada di kawasan Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tambang Onto merupakan hasil eksplorasi yang dilakukan PT Sumbawa Timur Mining (STM) sejak tahun 2010. 

Penemuan deposit bijih tembaga-emas di wilayah ini diumumkan pada Februari 2020 oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

BACA JUGA:Terdaftar di OJK Pinjol Rupiah Cepat, Begini Syarat dan Ketentuannya Sebelum Ajukan Pinjaman, Wajib Tahu!

Berdasarkan hasil eksplorasi hingga Desember 2019, sumber daya mineral Tambang Onto diperkirakan mencapai 1,7 miliar ton, dengan kandungan 0,89% tembaga dan 0,49 g/t emas. Sebanyak 64 lubang pemboran telah dilakukan untuk menentukan ukuran, luas, dan karakteristik sumber daya mineralnya.

BACA JUGA:Daftar 7 Aplikasi Pinjaman Rp 500 Ribu Langsung Cair Tanpa KTP, Mudah dan Praktis

5. Pohuwato, Gorontalo

Di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontolo, terdapat proyek pembukaan tambang emas yang bernama Pani Gold Project (Proyek Emas Pani). 

Mengutip situs Merdeka Copper Gold, perusahaan yang mengelola proyek ini, Pani Gold Project akan menjadi tambang emas primer yang terbesar di Indonesia. Kandungan sumber daya mineral di tambang ini ditaksir sebesar 6,6 juta ons emas.

BACA JUGA:Waspada! Ini Deretan Pinjol Ilegal 2024 yang Tidak Terdaftar di OJK, Jangan Sampai Terjerat

Pani Gold Project diperkirakan akan memulai proses produksi emas pada akhir 2025. Investasi di proyek pertambangan emas ini diperkirakan mencapai Rp10 triliun. Lokasi pertambangan emas Pani berada di Desa Hulawa, Buntulia, Pohuwato, Gorontalo.

BACA JUGA:Rekomendasi Pinjol Legal 2024, Aman dan Anti Penipuan! Jadi Solusi Kebutuhan Mendesak

6. Sumbawa Barat, NTB

Tambang emas Batu Hijau berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tambang Batu Hijau merupakan tambang emas dan tembaga terbesar kedua di Indonesia. Tambang ini bahkan diperkirakan memiliki cadangan terbesar di seluruh Indonesia.

Tambang Batu Hijau dibuka sejak tahun 2000. PT Amman Mineral Nusa Tenggara adalah perusahaan tambang Indonesia yang mengelola operasional tambang Batu Hijau.

Kategori :