Perhatian Warga Sumatera Barat, Adakah Pemadaman Listrik Selanjutnya? Ini Penjelasan Terbaru dari PLN

Kamis 06-06-2024,11:50 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Selama pemadaman listrik, biarkan kulkas dan freezer tetap tertutup agar udara dingin tetap berada di dalam kulkas dan mencegah pembusukan makanan. 

Faktanya, kulkas yang belum dibuka dapat mempertahankan suhu yang tepat setidaknya selama empat jam dan kulkas yang baik dapat menjaga makanan tetap aman hingga dua hari.

4. Jangan membawa panggangan ke dalam rumah

Meski mungkin tergoda membawa panggangan ke dalam untuk memasak makan malam setelah listrik padam, hal itu sangat tidak aman. Pemanggang gas dan arang mengeluarkan asap yang dapat menyebabkan keracunan karbon monoksida, bahkan kematian, jika rumah tidak berventilasi baik.  

Begitu pun menggunakan generator luar ruangan di dalam ruangan bisa sangat membahayakan keluarga.  

BACA JUGA:Listrik Belum Normal, Berikut Pengumuman dari PLN Jadwal Pemadaman Hari Ini

5. Jangan mendekati genangan air  

Pemadaman listrik sering terjadi selama badai yang berarti cabang dan kabel listrik yang tumbang dapat bersembunyi di bawah genangan air baru yang berada di halaman belakang rumah. 

Apabila tergoda menghilangkan beberapa cabang di mobil Anda, tahan keinginan tersebut. Berikan waktu dan ruang kepada kru kerja resmi untuk membersihkan area tersebut dengan aman.

6. Jangan biarkan pipa terlalu dingin  

Saat pemadaman listrik terjadi pada musim atau cuaca dingin, ini bisa menyebabkan bahaya pipa pecah ketika air di dalamnya mengembang saat membeku. 

BACA JUGA:Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan, Begini Cara Menghitung Jumlah Uang yang Harus Dibayar

Sementara pipa di rumah yang lebih baru atau baru saja diperbarui cenderung diisolasi dengan benar. Jika memiliki rumah yang lebih tua, periksa ruang bawah tanah, garasi, dan pipa eksterior.  

Untuk pipa yang tidak berinsulasi, bungkus dengan busa, selimut tua, atau handuk, dan simpan pipa kecil. Aliran pipa yang mengalir dapat mengurangi risiko pembekuan.

Demikianlah ulasan mengenai kondisi listrik di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat.

 

Kategori :