Bukan Hanya Sebatas Hemat BBM, Simak juga 6 Kelebihan dan Kekurangan Kendaraan Hybrid

Minggu 16-06-2024,05:28 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

1. Parallel Hybrid

Jenis mobil Hybrid ini adalah jenis yang paling umum. Teknologi ini menghubungkan motor listrik dan mesin bensin dalam transmisi umum, kemudian dipadukan menjadi dua sumber tenaga.

Mobil Hybrid jenis ini bisa digerakkan hanya dengan mesin bensin atau hanya motor listrik saja, atau kombinasi keduanya.

BACA JUGA:Meriahkan HUT ke-54 Tahun, Astra Motor Gelar Aksi Donor Darah Serempak #SatuTetesku di 11 Wilayah

2. Series Hybrid

Pada jenis mobil Hybrid ini, mesin bensin tidak terhubung ke roda dan hanya digunakan untuk menghasilkan listrik untuk generator yang akan mengisi ulang baterai pada mobil Hybrid ini. Pada mobil Hybrid ini, semua tenaga penggerak disediakan oleh motor listrik.

BACA JUGA:Banyak yang Palsu, Ini Cara Jitu Membedakan Oli AHM Asli dan Palsu

3. Plug-in Hybrid

Pada jenis mobil Hybrid ini, baterai dapat diisi ulang dengan mencolokkan sumber listrik eksternal. Baterai dalam mobil hybrid ini memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga perjalanan dengan mobil Hybrid ini bisa dilakukan dengan hanya tenaga listrik.

BACA JUGA:Siapkan Berkasnya, Begini Cara Balik Nama STNK dan BPKB Kendaraan Bermotor

4. Mild Hybrid

Pada jenis mobil Hybrid ini, motor listrik tidak mampu menggerakkan mobil dengan sendirinya. Mobil Hybrid jenis ini membutuhkan mesin diesel untuk menggerakan seluruh mobil. Motor listrik dalam mobil hybrid ini berfungsi untuk membantu mesin bensin mengurangi penggunaan bahan bakar, meningkatkan kinerja, atau keduanya.

BACA JUGA:Astra Biz Center Ketiga di Indonesia Hadir di IKN, Mengusung Konsep Desain Green Building

Berikut ini adalah beberapa merk mobil Hybrid yang ada di pasaran Indonesia:

1.Toyota New C-HR Hybrid

Ini adalah mobil Hybrid yang dirilis oleh Toyota pada 2019. Mobil Hybrid keluaran Toyota ini memiliki mesin 4 cylinder, 16 valve DOHC dengan VVT-i dan jenis transmisi 7 s peed CVT. Ketika itu, mobil hybrid ini dibanderol pada kisaran Rp500 jutaan (OTR) di Jakarta.

Kategori :