Dana Desa Kabupaten Buton 2024, Segini Rincian Dana di 83 Desanya, Mana yang Tertinggi?

Jumat 28-06-2024,12:13 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

4. Memiliki Benteng Terluas di Dunia

Siapa sangka ternyata benteng terluas di dunia ada di Indonesia. Benteng tersebut adalah Benteng Keraton Buton, di Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara.

Melansir dari laman indonesia.go.id, luas benteng ini mencapai 23.375 hektare (ha) dengan panjang keliling tembok mencapai 2.740 meter. Karena luasnya ini, Benteng Keraton Buton dinobatkan sebagai bangunan pertahanan terluas di dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) bersama dengan Guinnes Book of World Record, pada September 2006.

Benteng ini terletak di Bukit Wolio yang posisinya 100 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat benteng ini sebagai benteng pertahanan terbaik pada zamannya.

Dari tepi benteng, masyarakat bisa melihat bentangan pemandangan menakjubkan Kota Baubau yang indah. Di bagian dalam benteng juga terdapat sisa-sisa peninggalam sejarah kesultanan Buton.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa Kabupaten Kolaka 2024 untuk 100 Desa, Mana yang Terima Alokasi Terendah?

5. Wilayah yang Tidak Pernah Dijajah

Fakta Menarik tentang Buton selanjutnya adalah bahwa wilayah kerajaan ini tidak pernah dijajah oleh bangsa manapun. Termasuk ketika Belanda dan Portugis datang ke Indonesia. Saat itu mereka melakukan ekspansi ke Maluku untuk menguasai rempah-rempah.

Adapun wilayah Buton saat itu dianggap wilayah yang sangat strategis. Namun karena kuatnya pengaruh dan kekuasaan Kesultanan Buton saat ini, maka bangsa penjajah pun tidak berani untuk melakukan penjajahan.

Agar Belanda bisa menggunakan pelabuhan yang ada di Buton, mereka kemudian menjalin kerja sama yang baik dengan Kesultanan Buton.

Demikianlah informasi mengenai rincian dana desa Kabupaten Buton 2024, lengkap per desanya. Semoga bermanfaat.

 

Nutri Septiana

Kategori :