Salah satu bentuknya adalah memastikan perusahaan menyampaikan laporan keuangan setiap tahunnya, seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 64 Tahun 1999.
Finance staff juga bertugas membantu perusahaan untuk taat pajak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
5. Menjaga kesehatan dan stabilitas keuangan perusahaan
Tugas lain seorang finance staff adalah menjaga keuangan perusahaan agar tetap stabil dan sehat.
Hal ini dilakukannya dengan membuat model keuangan, prediksi, dan anggaran yang tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan perusahaan sambil memastikan finansialnya aman.
HRD
1. Melakukan Perencanaan
Salah satu tugas HRD yang penting adalah melakukan perencanaan. Ada banyak perencanaan yang bisa dilakukan seperti perencanaan program dan perencanaan tenaga kerja.
BACA JUGA:Hati-hati! 12 Weton Si Pahit Lidah, Ucapannya Tajam dan Berpengaruh
Ketika sedang melakukan perencanaan program, ada banyak hal yang harus dipersiapkan salah satunya sumber daya manusia. Setiap program pasti memiliki kebutuhan tenaga kerja yang berbeda-beda.
Sedangkan perencanaan tenaga kerja diperlukan untuk menyiapkan kebutuhan tenaga kerja di setiap divisi. Selain itu, menyiapkan pula tenaga kerja yang memiliki potensi untuk memimpin.
2. Menyelenggarakan Rekrutmen dan Seleksi
Tugas kedua dari HRD adalah melakukan rekrutmen dan seleksi. Rekrutmen dibutuhkan untuk mencari dan menemukan karyawan (SDM) yang berpotensi.
Namun, untuk melakukannya harus melalui serangkaian proses mulai dari administrasi, tes psikologi, hingga wawancara.
3. Memberikan Training and Development
Salah satu tugas HRD yang cukup penting adalah melakukan training and development. Fungsinya agar karyawan mampu memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan.