Daftar 16 Negara yang Pernah Ganti Nama dan 7 Negara Pindah Ibu Kota, Mana Saja?

Senin 08-07-2024,09:18 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

16. Republica Bolivar Menjadi Negara Plurinasional Bolivia

Nama Bolivia berasal dari Simon Bolivar. Pada tahun 2009, negara ini mengubah nama menjadi Negara Plurinasional Bolivia untuk mencerminkan keberagaman etnis di dalamnya.

BACA JUGA:LG gram SuperSlim 2024 Resmi Diluncurkan, Laptop yang Ringan dan Handal

Lantas negara mana saja pernah pindah ibu kota?

7 Negara Pindah Ibu Kota

Dirangkum dari laman resmi cnbcindonesia.com, berikut ini daftar Negara yang Pindah Ibu Kota:

1. Nigeria

Nigeria memindahkan ibukota dari Lagos ke kota bernama Abuja pada 1991. Kota yang berada di titik tengah negara itu sendiri sebelumnya telah direncanakan untuk menjadi pusat pemerintahan pasalnya Lagos sudah semakin padat. Hingga saat ini, Lagos tetap menjadi pusat ekonomi negara terpadat di Afrika itu.

2. Pakistan

Ibukota Pakistan dipindahkan dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1961. Alasan pemindahan ini diambil dari keputusan komisi negara itu yang menyebut Karachi sudah tidak dapat lagi menjadi ibukota.

3. Brasil

Brasil memiliki sejarah panjang soal pemindahan ibukota. Pada tahun 1549 hingga 1763, ibukota negara itu terletak di Salvador, Negara Bagian Bahia. Setelahnya, ibukota Negeri Samba itu dipindahkan ke Rio de Janeiro dengan alasan perkembangan ekonomi dan perdagangan.

Di tahun 1960, pemerintah Brasil kembali memutuskan pemindahan ibukota lantaran padatnya Rio. Akhirnya, Brasil memutuskan untuk membangun sebuah kota di tengah negara itu yang dinamai Brasilia. Hingga hari ini, Brasilia tetap menjadi ibukota negara itu.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Akhir Juli-Agustus, Ini 7 Jurusan Kesehatan yang Dibutuhkan untuk Seleksi CPNS

4. Myanmar

Penguasa militer Myanmar memindahkan ibu kota dari Yangon ke sebuah lokasi di utara pada tahun 2005. Kota itu akhirnya dinamai sebagai Naypydaw. Beberapa pihak menyebut bahwa alasan pemindahan ini diakibatkan prediksi serangan asing dari wilayah laut.

Kategori :