Asuransi Pendidikan Anak Syariah, Apa Perbedaan dan Keuntungannya?

Minggu 14-07-2024,17:18 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Artinya, tabungan pendidikan mengkhususkan penyimpanan dana yang akan dialokasikan untuk biaya pendidikan. Lain halnya dengan asuransi, yang merupakan produk keuangan yang memberikan manfaat proteksi dan perlindungan terhadap suatu risiko. 

Perlindungannya dapat diberikan sebagai manfaat berupa penggantian kerugian finansial. Kerugian ini biasanya dapat berupa sakit, meninggal dunia, kecelakaan, cacat, dan lainnya.

BACA JUGA:Walikota Surabaya Eri Cahyadi Marah ke Petugas Dishub dan Oknum Jukir, Ini Penyebabnya

2. Jangka Waktu Pembayaran

Pada umumnya, tabungan pendidikan memiliki jangka waktu pembayaran yang relatif lebih singkat daripada asuransi pendidikan. 

Tabungan pendidikan juga disarankan untuk digunakan pada tujuan jangka waktu pendek dan menengah. Sedangkan asuransi pendidikan lebih disarankan untuk tujuan jangka panjang.

3. Tujuan Setoran Dana

Perbedaan selanjutnya antara tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan dapat dilihat dari tujuannya. Karena manfaat yang diberikan keduanya berbeda, maka berbeda pula tujuan penyetoran dananya.

BACA JUGA:Diklaim Efektif! Ini 10 Cara Memutihkan Ketiak dengan Cepat, Salah Satunya dengan Kentang

Pada tabungan pendidikan, setoran dana dilakukan untuk mengamankan segala kemungkinan kehilangan yang dapat terjadi. 

Untuk mendapatkan fasilitas keamanan tersebut, nasabah akan dikenakan biaya administrasi yang biasanya akan dipotong bulanan dari saldo.

Sedangkan pada asuransi pendidikan, dana yang dibayarkan disebut dengan premi. Premi yang dibayarkan ini meliputi beberapa hal, yaitu biaya asuransi, akuisisi, pengelolaan dana, investasi, dan administrasi. 

Pembayaran premi ini dilakukan secara rutin, baik sebulan, triwulan, semesteran, maupun tahunan.

3. Pengaruh Dana terhadap Aset

Jika Anda melakukan penyimpanan dana di bank sebagai tabungan, maka akan menambah aset kepemilikan. Namun tidak pada asuransi pendidikan. Jika membayar asuransi pendidikan, maka akan mengurangi aset kepemilikan. 

BACA JUGA:Menguak Harta Kekayaan Bakal Calon Gubernur Bengkulu 2024, Siapa Terkaya?

Kategori :