Polda Jawa Tengah Gelar Operasi Patuh Candi 2024 Selama Dua Pekan, Cek Titik Lokasinya

Selasa 16-07-2024,20:31 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Polda Jawa Tengah gelar operasi patuh candi 2024, selama dua pekan, cek titik lokasinya.

Polda Jawa Tengah menyelenggarakan Operasi Patuh Candi 2024 secara serentak di 35 Polres jajaran selama dua pekan, dimulai dari tanggal 15 Juli hingga 28 Juli 2024. 

BACA JUGA:40 Kepala Sekolah Dirotasi, Kadis Ingatkan Guru Jangan Tahan Ijazah Murid

Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Sony Irawan menyatakan bahwa operasi yang bersifat mandiri kewilayahan ini akan mengutamakan pendekatan preemtif dan preventif dengan cara humanis melalui edukasi dan himbauan kepada masyarakat. 

Sony menekankan bahwa Operasi Patuh Candi 2024 merupakan operasi kewilayahan yang menitikberatkan pada upaya edukasi dan pendekatan persuasif yang humanis. 

“Operasi ini didukung oleh penegakan hukum yang mengedepankan sistem ETLE sebagai langkah terakhir. Jadi, tidak ada tilang manual dalam kegiatan operasi ini,” kata Sony, seperti dikutip dari laman resmi Humas Polri.

BACA JUGA:Ketua PBNU Ungkap Agenda 5 Nahdliyin ke Israel dan Bertemu Presiden Israel

Kasubdit Gakkum Polda Jateng, Kompol Christopher Adhikara Lebang, menjelaskan bahwa operasi ini menyasar berbagai pelanggaran yang berpotensi menimbulkan fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas. 

“Sasaran utama operasi ini adalah pelanggaran-pelanggaran seperti tidak mengenakan helm atau sabuk keselamatan, pelanggaran terhadap kelengkapan kendaraan, serta pelanggaran marka dan rambu lalu lintas,” ujar Lebang.

Sebagai bentuk apresiasi, pengendara yang mematuhi aturan lalu lintas akan diberikan stiker oleh Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Suci Nugraheni. 

Mengenai titik lokasi razia di Jawa Tengah, belum ada informasi yang jelas. Namun, jika merujuk pada tahun sebelumnya, informasi dari akun Instagram resmi Polrestabes Semarang menyebutkan bahwa operasi ini akan dimulai pukul 07.30 WIB. 

BACA JUGA:Putusan Banding, Bandar Narkoba Kerimin Siin Divonis 15 Tahun Penjara Sesuai Tuntutan JPU Kejari Bengkulu

Operasi Zebra Candi biasanya berlangsung di Jalan Diponegoro, Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat.

Lokasi operasi lainnya yang sering menjadi target adalah Jalan Wali Songo di Kecamatan Tugu, Jalan Kaligawe di Kecamatan Genuk, dan Jalan Perintis Kemerdekaan di Kecamatan Banyumanik.

Jenis Pelanggaran yang Prioritas 

Kategori :