Segini Kekayaan JD Vance, Senator yang Dipilih Donald Trump Jadi Cawapres Pemilu Amerika Serikat 2024

Selasa 16-07-2024,22:14 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Segini kekayaan jd-vance, senator yang dipilih donald-trump jadi cawapres Pemilu Amerika Serikat 2024.

Donald Trump resmi mengumumkan senator Partai Republik asal Ohio, JD Vance, sebagai calon wakil presidennya. Pengumuman tersebut dibuat via platform Truth Social pada Senin (15/07/2024), bertepatan dengan digelarnya Konvensi Nasional Partai Republik di Milwaukee.

Berdasarkan situs resmi Senat Amerika Serikat (AS), James David Vance merupakan pria kelahiran Middletown, Ohio pada 2 Agustus 1984. Dia dibesarkan oleh nenek dan kakeknya, yang memerankan peran penting dalam hidupnya. Vance mendaftar di Korps Marinir AS pada 2005, kemudian ikut bertugas dalam Perang Irak. Dia adalah lulusan Universitas Negeri Ohio dan Sekolah hukum Yale.

BACA JUGA:Sebelum Dipinang Menjadi Cawapres JD Vance Pernah Jadi Kritikus Garis Keras Donald Trump, Ini Alasan Trump

Vance juga dikenal sebagai penulis yang mendapatkan sorotan lewat memoarnya berjudul Hillbilly Elegy: A Memoir of a Family and Culture in Crisis, yang diterbitkan pada 2016. Buku ini menggambarkan kehidupan keluarganya dan tantangan yang dihadapi oleh kelas pekerja kulit putih di Appalachia, serta perjuangan pribadinya untuk mengatasi kemiskinan dan ketidakstabilan keluarga.

Buku tersebut menjadi salah satu buku terlaris dan mendapat pujian dari kritikus karena pandangan mendalamnya tentang kehidupan di pedesaan AS.  Hillbilly Elegy diadaptasi menjadi film pada 2020, disutradarai oleh Ron Howard dengan Vance diperankan oleh Gabriel Basso.

BACA JUGA:Profil JD Vance, Senator dari Ohio Pilihan Donald Trump Sebagai Cawapres Amerika Serikat 2024

Berapa Kekayaan JD Vance?

Dirangkum dari berbagai sumber, dari penjualan bukunya, penjualan hak film hingga film berdasarkan buku itu, gaji profesionalnya dan usaha modal ventura, Vance diprediksi memiliki kekayaan sebesar USD 7 juta atau sekitar Rp 113,20 miliar (asumsi kurs rupiah terhadap dolar AS di kisaran 16.172), menurut LegitNetWorth.com.

Ia menerima hampir USD 500.000 dari royalty pada 2021, menurut Business Insider. Pada tahun yang sama, ia memperoleh gaji USD 327.083 atau sekitar Rp 5,29 miliar dari sebuah perusahaan manajemen modal yang berbasis di Ohio, Amerika Serikat (AS).

James David Vance (lahir James Donald Bowman) lahir dari pasangan Donald Bowman dan Bev Vance di Middletown, Ohio pada 2 Agustus 1984.

BACA JUGA:Pilpres Amerika Serikat 2024, Donald Trump Pilih JD Vance Sebagai Calon Wakil Presiden

Orangtuanya berpisah saat ia masih sangat muda. Ayahnya meninggalkan keluarga, dan dia serta saudara perempuannya sebagian besar dibesarkan oleh kakek dan nenek dari pihak ibu. Ia telah menulis mengenai masa kecilnya penuh kekerasan dan sang ibu berjuang melawan kecanduan sambil menjalani serangkaian hubungan yang buruk.

Setelah lulus SMA, ia bergabung dengan marinir. Setelah keluar, dia kuliah di Ohio State University. Ia lulus dengan gelar di bidang ilmu politik dan filsafat dan diterima di Yale Law School. Setelah mendapatkan gelar sarjana hukum, dia pindah ke San Francisco, tempat bekerja di bidang hukum perusahaan.

Pada 2016, buku Vance diterbitkan, dan dia kembali ke Ohio. Saat itu, ia berencana memulai karier politik. Vance bertemu Usha Chilukuri saat di Yale Law School. Mereka menikah pada 2014, dan memiliki tiga anak.

Kategori :