Berlaku Seumur Hidup, Bisakah Ganti Foto KTP tanpa Perlu Datang ke Dukcapil?

Rabu 17-07-2024,12:46 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

 

6. Hindari senyum terlalu lebar

 

7. Perhatikan pakaian, disarankan untuk memakai warna gelap dan rapi

 

BACA JUGA:12 Bank di RI Lenyap 2024, Ini Tanda-tanda Bank akan Bangkrut dan Solusi Bagi Nasabah

Penting Dicatat

Proses penggantian foto KTP di kantor Dinas Dukcapil tidak dikenakan biaya alias gratis. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak membayar sejumlah uang kepada pihak mana pun yang mengatasnamakan proses ini.

Dengan mengikuti prosedur dan tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa foto pada KTP Anda selalu sesuai dengan kondisi dan penampilan terkini, sehingga tidak ada hambatan dalam penggunaan KTP sebagai identitas resmi di berbagai keperluan administratif.

Penggantian foto KTP yang sesuai dan tepat waktu juga membantu menjaga validitas dan keakuratan data kependudukan di Indonesia.

BACA JUGA:Gadai Mobil Toyota Avanza Dapat Uang Berapa? Begini Cara Menghitungnya

Informasi Tambahan

Sebagai informasi tambahan berikut ini berikut ini adalah beragam fungsi dari KTP.

1. Sebagai Petunjuk Idenstitas

Fungsi utama dari KTP adalah sebagai petunjuk identitas diri karena dalam KTP tercantum nama lengkap berserta alamat. KTP menunjukkan bahwa pemilik KTP merupakan warga negara Indonesia yang memiliki hak yang sama antar sesama.

2. Sebagai Syarat untuk Menikah

Dalam mengurus administrasi saat akan menikah, seorang warga harus menunjukka identitasnya dan dibuktikan dengan KTP. Oleh karena itu, KTP menjadi dokumen wajib saat mengurus pernikahan di KUA dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Kategori :