Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya

Jumat 19-07-2024,07:55 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Dia melanjutkan, asbak ini pada dasarnya adalah kotak lipat yang terbuat dari logam, jadi jika menarik bagian atasnya, kotak itu akan terbuka dan ada rongga kecil di mana puntung rokok bisa masuk. Puntung rokok lebih baik dibuang ke asbak itu daripada di tempat sampah toilet yang terisi kertas.

“Tapi jangan merokok di pesawat, Anda akan dimasukkan dalam daftar larangan terbang dan mungkin ditangkap… pasti ditangkap," kata dia.

Bayaha Merokok di Pesawat

Merokok di dalam pesawat bisa memicu timbulnya kebakaran di dalam kabin. Ini karena udara di dalam kabin sangat kering, sehingga membuat bahan bakar lebih mudah tersulut.

BACA JUGA:Saus, Selai dan Krim Tidak Boleh Masuk ke Dalam Pesawat, Ternyata Begini Alasannya

Selain itu, asap dan bau rokok yang ditimbulkan juga bisa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Orang yang sensitif terhadap asap rokok dan memiliki gangguan pernapasan bisa mengalami batuk dan sesak napas.

Jangan sampai insiden pada tahun 1973 terulang lagi, di mana penerbangan internasional jatuh setelah mengalami kebakaran. Mengutip laman New York Post, sejumlah 123 penumpang tewas dan pesawat rusak parah.

Kemudian beberapa tahun setelahnya, insiden lain juga terjadi di Penerbangan 820 dari Rio de Janeiro ke Paris. Kala itu, pesawat mengalami kebakaran usai salah satu penumpang ketahuan merokok di dalam pesawat.

Alhasil, pesawat pun terpaksa melakukan pendaratan darurat di sebuah lapangan yang letaknya 15 km dari ibu kota Paris. Setelah kecelakaan itu, mulai diberlakukan larangan merokok di toilet.

BACA JUGA:Ini Alasan Buah Kelapa Dilarang Dibawa ke Dalam Pesawat, Bisa Sebabkan Kebakaran

Nah itulah ulasan mengenai dilarang merokok saat di pesawat tapi tetap tersedia asbak di toilet.

 

(Novan)

Kategori :