Agar Tak Salah Pilih Layanan, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital

Jumat 19-07-2024,09:08 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

2. POJK Nomor 13/POJK.03/2021 tentang Penyelenggaraan Produk Bank Umum

3. POJK Nomor 14/POJK.03/2021 sebagai Perubahan POJK Nomor 34/POJK.03/2018 tentang Penilaian Kembali Pihak Utama Lembaga Jasa Keuangan

Perbedaan Bank Digital dan Bank Konvensional

Sebenarnya, dari sisi layanan, tak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara digital bank dan bank konvensional. Keduanya sama-sama menawarkan layanan perbankan seperti tabungan, deposito, penarikan, transfer, investasi, dan peminjaman.

Nah, perbedaannya hanya terletak pada bentuknya saja. Bank konvensional memiliki kantor fisik, seperti kantor pusat dan cabang-cabangnya.

Sedangkan digital bank bisa beroperasi penuh hanya dengan kantor pusat saja, sehingga tak memerlukan kantor cabang. Utamanya, karena berbagai keperluan bank digital bisa dilakukan secara digital, mulai dari tanda tangan, pembayaran bea meterai secara elektronik, dan sebagainya.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada keuntungan yang ditawarkan. Digital bank cenderung memiliki biaya administrasi yang lebih murah, biaya transfer yang gratis, dan bunga yang lebih baik. Tentu saja, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:Dilarang Merokok Saat di Pesawat Tapi Disediakan Asbak di Toilet, Ternyata Ini Alasannya

Kelebihan dan Kekurangan Bank Digital

Berikut kelebihan dan kekurangan bank digital:

Kelebihan Bank Digital

Bank digital pastinya dibuat untuk memberikan sejumlah keuntungan bagi para nasabahnya. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan yang ditawarkan oleh produk ini, antara lain:

1. Kemudahan Akses 24 jam

Pada dasarnya, bank digital memanfaatkan teknologi informasi yang memudahkan nasabah untuk mengakses layanan dari gadget atau perangkat pribadi. Maka dari itu, lembaga perbankan menyediakan akses 24 jam bagi nasabah untuk bisa bertransaksi melalui produk ini tanpa batas.

Nasabah bisa mengelola keuangan, melakukan pembayaran, dan aktivitas keuangan lainnya setiap hari tanpa batasan waktu bahkan pada hari libur dan akhir pekan. Seluruh aktivitas tersebut bisa diakses melalui layanan ini, seperti mobile banking, SMS banking, internet banking, dan sebagainya.

2. Biaya Layanan Rendah

Kategori :