Fantastis! Deretan Aset BPD Terbesar di Indonesia 2024, Ini Jawaranya

Jumat 19-07-2024,20:55 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

"Jadi, bisnis masih tumbuh, BPD juga saat ini gencar melakukan pengembangan infrastruktur berbasis teknologi dan pendapatan berbasis komisi (fee based income) agar terdapat sumber-sumber pendapatan lain yang dapat membantu pertumbuhan bottom line," ujarnya.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan kinerja aset BPD juga terdorong oleh peningkatan aset produktif seperti kepemilikan surat berharga hingga penyaluran kredit. 

Di Bank Jatim, penyaluran kredit telah tumbuh 12,61% yoy menjadi Rp51,77 triliun pada kuartal III/2023. Dia menuturkan bahwa akses pembiayaan terhadap pelaku usaha harus dibuka selebar-lebarnya agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

 "Pertumbuhan penyaluran kredit merupakan cerminan dari perekonomian yang berjalan dan menandakan adanya kenaikan permintaan barang dan jasa dari masyarakat,” kata Busrul.

BACA JUGA:Tempat Camping Terbaik Danau Toba Ada di Paropo, Ini Daya Tariknya, Cocok Buat Healing

Bank DKI dan Bank Kaltimtara

Selain Bank BJB dan Bank Jatim, bank daerah lainnya pun mencatatkan peningkatan aset. PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta atau Bank DKI misalnya mencatatkan peningkatan aset 3,98% yoy menjadi Rp78,24 triliun. 

Bahkan, aset PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara atau Bank Kaltimtara tumbuh pesat 34,06% yoy menjadi Rp46,6 triliun. Sementara aset PT Bank Pembangunan Daerah Papua atau Bank Papua naik 22,39% yoy menjadi Rp36,01 triliun.

BACA JUGA:Lokasi Libur Akhir Pekan? Ini 6 Tempat Camping di Medan, Murah dan Seru

10 Bank Daerah dengan Aset Terbesar

Apabila disandingkan, terdapat 10 bank daerah terbesar dari sisi aset di Indonesia, dengan 4 teratas berada di Pulau Jawa. Bank BJB menjadi bank pendulang aset terbesar yakni Rp179,31 triliun, disusul Bank Jatim di posisi kedua dengan aset Rp107,03 triliun. 

Lalu, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) di posisi ketiga dengan aset Rp81,59 triliun. 

Kemudian, Bank DKI menempati posisi keempat sebagai bank daerah beraset besar yakni Rp78,24 triliun. Baru pada posisi kelima, ditempati oleh bank di luar Pulau Jawa yakni Bank Kaltimtara yang mendulang aset Rp46,6 triliun.

BACA JUGA:Nikmati Spot Terbaik Pemandangan Danau Toba, Cobain Camping Ground Parapat

Daftar 10 BPD dengan Aset Terbesar di Indonesia per Kuartal III/2023

1. Bank BJB (BJBR): Rp179,31 triliun

Kategori :